Idul Fitri Merupakan Hari Kemenangan, Momentum untuk Terus Bersyukur

Seorang umat Muslim saat mengikuti Solat Id dengan khusyuk. (Foto: Sevianto/Seputarpapua)
Seorang umat Muslim saat mengikuti Solat Id dengan khusyuk. (Foto: Sevianto/Seputarpapua)

TIMIKA | Umat muslim di Mimika melaksanakan solat Idul Fitri 1443 Hijriah/2022 M dengan khidmat.

Pelaksanaan solat Idul Fitri dipusatkan di Halaman Gedung Eme Neme, Senin (2/4/2022). Ustad Burhan Kamil dipercayakan membawakan doa dalam salat id.

Bertindak sebagai Khatib, Ustad Umar Habib Rosyadi yang menyampaikan umat muslim telah mencapai kemenangan usai berpuasa selama 30 hari.

“Selama sebulan penuh kita berpuasa menahan lapar, menahan haus, menahan amarah serta menahan hawa nafsu dan kita telah melewatinya dan telah mencapai kemenangan,” katanya.

Dikatakan, Idul Fitri adalah puncak kemenangan namun bukan Kemenangan biasa-biasa saja, melainkan kemenangan sesuai dengan kaidah-kaidah Allah SWT.

“Kita wajib syukuri karena kita masih diberi kesehatan, kesempatan untuk menikmati hari kemenangan di dunia ini, semoga kita bisa meningkatkan ketakwaan iman kita kepada Allah SWT dengan memperbaiki akhlak kita menjadi lebih baik,” katanya.

Solat tidak hanya dilaksanakan di Halaman Gedung Eme Neme Yauware namun juga di 83 Masjid yang ada di Timika hingga paling jauh di Kokonao.

“Alhamdulillah semua bisa berjalan dengan lancar,” kata Ketua PHBI Kabupaten Mimika, Laitam Gredenggo usai solat Id.

Ia berharap semua umat Islam yang mulai dari malam ini hingga esok hari mendapatkan kemenangannya setelah melawan tantangan selama sebulan.

“Sehingga harapan saya kedepan kita semua mendapatkan fitrahnya kemudian lebih baik dalam meningkatkan hidup kedepan,” katanya.

Selain itu ia pun berharap agar umat Islam di Mimika bisa meningkatkan toleransi antar umat beragama.

“Toleransi antar umat beragama terus ditingkatkan sehingga antara umat tetap terjalin hubungan baik sehingga kabupaten Mimika ini bisa kita bangun dengan baik,” ujarnya.

Ia pun memberikan apresiasi kepada Pemkab Mimika yang memberikan respon yang besar terhadap seluruh agama di Mimika termasuk Islam.

“Salah satunya yang kita lakukan malam ini, pawai takbiran, ini menunjukan bahwa bagaimana syiar Islam di Kabupaten Mimika ini dengan dukungan pemerintah sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya.

 

reporter : Kristin Rejang
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.