Iksan Apriyadi, Jawara Sea Games Hanya Mengoleksi Perak di PON XX Papua

Atlet Judo, Iksan Apriyadi memperlihatkan medali perak yang diraihnya di PON XX Papua. (Foto: Humas PPN/Yunita Simon)
Atlet Judo, Iksan Apriyadi memperlihatkan medali perak yang diraihnya di PON XX Papua. (Foto: Humas PPN/Yunita Simon)

TIMIKA | Nama besar sebagai jawara di ajang olahraga tertinggi tingkat Asia Tenggara atau SEA Games yang bergulir setiap dua tahun dengan peserta 12 negara bukan berarti mutlak menjadi pemenang pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Nasib ini seperti ini dialami Iksan Apriyadi, atlet judo dari Jawa Barat pemegang rekor emas -73 Kg putra pada Sea Games 2019 lalu.

Iksan dikalahkan oleh pendatang baru asal DKI Jakarta, Qori Amrullah Al Haq di babak final. Dalam laga ini Iksan telah mengumpulkan satu point sebelum Qory mendapat poin dimenit-menit terakhir pertandingan.
Meskipun tidak mendapat medali emas di PON XX ini tidak serta merta membuat Iksan kecewa.

Malah, ia bersyukur masih berada di peringkat kedua di Cabor Judo kelas -73 kg putra.

“Perasaan saya memang sedih tidak mendapatkan emas kali ini, tetapi saya sudah berusaha dan mendapatkan perak,” ucapnya dengan iklas usai pertandingan di Venu Cabor Judo di Gedung Eme Neme Yauware- Timika, Kabupaten Mimikaz Papua, Kamis (30/9/2021).

Pegawai Kemenpora ini, berkomitmen kedepannya akan berusaha lebih keras lagi untuk memberikan hasil terbaik bagi Jawa Barat maupun tanah air Indonesia.

Pria berusia 32 tahun ini, sudah menekuni dunia olahraga judo dari umur 16 tahun silam.

Ia terjun di olahraga bela diri judo berawal dari ketertarikannya melihat saudaranya yang mantan atlet Pelatnas sering bermain judo, kebetulan tempat latihan tidak jauh dari tempat tinggalnya.

Ia berharap generasi bangsa dapat juga mengikuti jejaknya di Cabor Judo, karena menurutnya olahraga judo ini sangat baik. Judo ini harus dikembangkan lagi di Indonesia supaya bisa menembus kancah Olimpiade.

“Harapan saya mudah-mudahan nanti ada atlet-atlet yang berprestasi di olahraga judo, sehingga bisa mengikuti event-event yang lebih tinggi untuk berprestasi lagi,” harapnya.

Iksan bersama rekan-rekan atletnya setelah PON ini langsung mempersiapkan diri untuk mengikuti event-event berikutnya.

Ia juga mengapresiasi seluruh tim dan panitia atas kenyamanan selama berada di Papua. (Humasppm/Yunita Simon/Antonius Juma)

editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.