Ikut Lomba, Masyarakat Iwaka Buat Gapura Bernuansa Ukiran Kamoro, Ini Harapan Mereka

BERSAMA | Masyarakat RT 7, Kampung Iwaka saat berfoto di Gapura yang telah rampung dibuat. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
BERSAMA | Masyarakat RT 7, Kampung Iwaka saat berfoto di Gapura yang telah rampung dibuat. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Masyarakat RT 7, Kampung Iwaka, Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika, Papua ikut berpartisipasi dalam lomba gapura yang diadakan oleh PB PON Sub Mimika dalam menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 76 dan menyongsong PON XX Papua 2021.

Masyarakat mulai dari kaum muda hingga orang tua bekerjasama sejak minggu lalu untuk mendirikan gapura tersebut.

Dimana konsep gapura yang dibangun dihiasi dengan ornamen ukiran khas suku kamoro yang berbahan dasar kayu besi. Kemudian diukir dengan berbagai bentuk yang sangat indah.

Gapura tersebut juga dihiasi dengan gambar – gambar bernuansa HUT RI dan PON XX, juga terdapat gambar Bupati dan Wakil Bupati Mimika sebagai bentuk penghargaan dari warga Mimika terhadap pemimpin Daerah.

Selain itu, disekitar Gapura tersebut pun dihiasi dengan bendera merah putih dan bunga – bunga yang membuat suasana HUT RI dan PON XX semakin semarak.

“Kami sudah daftar untuk ikut lomba, jadi ini (Patung) masyarakat disini yang ukir, dan semua kerjasama serta antusias,” jelas Sekertaris Kampung Iwaka, Yopi Pattikawa kepada Seputarpapua.com, Minggu (15/8/2021).

Dijelaskan pihaknya memilih konsep ukiran Kamoro karena Iwaka merupakan desa adat sehingga yang mau ditonjolkan adalah budaya asli.

Dimana Kampung Iwaka pada tahun 2020 lalu dicanangkan sebagai Kampung adat atau Kampung Wisata Budaya oleh Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob.

Untuk itu di momen lomba ini, pihak Kampung Iwaka ingin terus mendorong dan memperkenalkan budaya Kamoro khususnya karya ukiran – ukiran yang diharapkan bisa menjadi salah satu ikon buah tangan untuk para peserta PON XX nanti.

“Memang pemerintah canangkan ini desa budaya adat tapi kami di Iwaka tidak tau ukiran ini nanti mau pasarkan kemana, mungkin dengan adanya PON XX hasil karya masyarakat disini bisa terlihat, bukan di Timika saja tapi seluruh indonesia bisa lihat hasil karya anak – anak Iwaka,” ungkapnya.

Dirinya berharap dengan adanya PON XX, pemda Mimika bisa memfungsikan kampung adat dan wisata yang sudah dicanangkan dengan mendatangkan peserta PON atau tamu – tamu agar mengunjungi Kampung Iwaka.

“Kami harap semua orang yang ikut PON bisa kunjungi kampung kami dan melihat hasil karya anak – anak Kamoro disini sehingga jika rejeki mereka tertarik bisa membeli hasil buah tangan masyarakat,” harapnya.

Advertisements

Di momen HUT ke 76 RI ini juga masyarkat Kampung Iwaka berharap pemda Mimika bisa terus memperhatikan kebutuhan kampung Iwaka.

“Kami membutuhkan jaringan komunikasi karena kalau berdiri di perempatan SP 5 – Iwaka kita bisa dapat sinyal tapi kalau sudah masuk di dalam kampung kita kesulitan,” ungkapnya.

Selain itu yang paling dibutuhkan juga adalah kendaraan bagi orang sakit seperti ambulance.

Advertisements

“Ini menyangkut kendaraan untuk orng sakit, kami harap pemda bisa lihat, Pustunya sudah aktif tapi kami tidak ada kendaraan untuk bawa pasien kalau gawat, dari dalam kampung keluar saja enam kilo susah kalau pakai motor, ini yang kami butuhkan. Semoga HUT RI ini bisa beri semangat juga kepada pemda supaya bisa melihat kami masyarakat disini,” pungkasnya.

penulis : Kristin Rejang
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan