Indeks Harga Konsumen Dua Kota di Papua Alami Penurunan

Kepala BPS Provinsi Papua Adriana Helena Carolina (Foto: Papua.go.id)
Kepala BPS Provinsi Papua Adriana Helena Carolina (Foto: Papua.go.id)

TIMIKA | Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua mencatat dua dari tiga kota Indeks Harga Konsumen (IHK) di Bumi Cenderawasih pada Agustus 2022 mengalami deflasi atau penurunan harga barang dan jasa secara umum.

Dikutip dari Papua.go.id, Jumat (2/9/2022), deflasi terjadi di Kabupaten Merauke dan Kota Jayapura, masing-masing sebesar 0,85 persen dan 0,27 persen. Sementara inflasi terjadi di Timika sebesar 0,48 persen.

“Sehingga tingkat deflasi gabungan tiga kota IHK di Bumi Cenderawasih terdapat sebesar 0,18 persen pada Agustus 2022,” jelas Kepala BPS Provinsi Papua Adriana Helena Carolina.

Lebih lanjut dijelaskan Adriana, deflasi di dua kota IHK terjadi karena adanya penurunan harga yang ditunjukkan oleh turunnya indeks kelompok pengeluaran.

“Seperti kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 0,11 persen kemudian kelompok transportasi sebesar 2,52 persen dan kelompok rekreasi, olahraga dan budaya sebesar 0,03 persen,” katanya.

Sementara untuk tingkat inflasi tahun kalender (Januari-Agustus) 2022, tambah dia, sebesar 4,42 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun (Agustus 2022 terhadap Agustus 2021) sebesar 6,50 persen.

“Sehingga pada Agustus 2022 bahan makanan mengalami deflasi sebesar 0,12 persen kemudian tingkat inflasi bahan makanan tahun kalender (Januari-Agustus) 2022 sebesar 6,98 persen dan tingkat inflasi bahan makanan tahun ke tahun (Agustus 2022 terhadap Agustus 2021) sebesar 9,97 persen,” pungkasnya.

 

reporter : Kristin Rejang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.