Ingatkan Bupati soal Roling Jabatan Sekwan, Saleh: Ada Peraturan Sendiri

Saleh Alhamid
Saleh Alhamid

TIMIKA | Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hanura Mimika, Saleh Alhamid mengingatkan Bupati Mimika agar mematuhi aturan perundang-undangan khususnya soal roling (pergantian) pejabat Sekretaris Dewan.

Saleh mengatakan, beberapa hari ini diberitakan bahwa dalam waktu dua minggu ini Bupati Mimika Eltinus Omaleng berencana melakukan roling semua pejabat di lingkup Pemkab Mimika.

Karena itu, dirinya ingin menyampaikan sekaligus mengingatkan kepada Bupati Mimika khususnya menyangkut dengan roling jabatan Sekretaris Dewan tersebut.

Untuk Sekretaris Dewan, menurut Saleh, pengangkatannya harus mengacu pada Undang undang nomor 23 tahun 2014 yang sekarang diganti Undang-Undang Nomor 9 tahun 2015 tentang Pemerintahan Daerah.

“Untuk Sekretaris Dewan itu ada peraturan Perundang-undangan tersendiri. Jadi tidak bisa langsung,” kata Saleh yang juga Anggota DPRD Mimika melalui sambungan telepon selulernya,” Rabu (12/1/2022).

Saleh menjelaskan, pada Pasal 205 ayat (2) UU nomor 9 tahun 2015 dijelaskan bahwa Sekretariat DPRD kabupaten/kota sebagaimana dimaksud dalam Pasal 204 ayat (1) dipimpin oleh seorang sekretaris DPRD kabupaten/kota yang diangkat dan diberhentikan dengan keputusan bupati/wali kota atas persetujuan pimpinan DPRD kabupaten/kota.

Lanjutnya, dengan demikian siapapun yang ditunjuk untuk menjadi Sekwan, bupati tidak bisa menunjuk sendiri tapi harus ada persetujuan dari Pimpinan DPRD.

“Jadi kalau bupati langsung menunjuk pejabatnya dan tidak disukai oleh Pimpinan DPRD, maka itu melanggar perundang-undangan,” ujarnya.

Dengan demikian, lanjut dia, kalau Pimpinan DPRD mengambil keputusan maka harus rapat dengan DPRD. Sehingga pimpinan DPRD melaksanakan keputusan DPRD melalui Badan Musyawarah.

“Saya hanya mengingatkan saja, sehingga Bupati Mimika tidak melanggar dan tidak ada pesanan-pesanan terkait Sekwan. Kalau yang lain silahkan, tapi kalau untuk  Sekretaris Dewan ada aturannya. Ini juga untuk menghindari ketidakharmonisan dalam kinerja di DPRD,” ungkapnya.

Sebelumnya, Bupati Kabupaten Mimika Eltinus Omaleng siap melakukan roling jabatan di lingkup Pemkab Mimika. Rencana tersebut akan  dilakukan dalam waktu dekat.

Mereka yang akan mendapat jabatan, kata Bupati, adalah pejabat yang kinerjanya dilihat baik.

“Kan sudah saatnya harus roling karena sudah berjalan dua tahun ini dari eselon II sampai IV saya lagi susun jadi semua dinas akan dirolling,” ujar Bupati saat dikonfirmasi usai apel bersama di halaman kantor Sentra Pemerintahan di Kota Timika, Ibu Kota Kabupaten Mimika, Senin (10/1/2022).

Ia juga menjelaskan ada banyak kepala bidang yang akan dilantik sebagai pejabat fungsional.

Beberapa jabatan juga mengalami kekosongan dan beberapa ASN yang sesuai kriteria mengikuti tes jabatan tersebut. Nama-nama jabatan tersebut sudah ada, dan akan bersamaan dilakukan pelelangan jabatan pada dua minggu ke depan.

“Jadi kita lihat entah dipindahkan, tukar tempat atau non job. Siapa yang kerja bagus yah kita terima yang tidak bagus yah out. Dua minggu kedepan saya akan rolling. Bapak ibu yang sudah ikut lelang jabatan akan dapat posisi dan mereka yang eselon 2, eselon 3 dan 4 yang sebagian kemudian guru guru kita akan sapu bersih semua besok,” ungkapnya.

Ia berharap agar ASN bisa lebih meningkatkan kinerja, karena selama dua tahun semua berfokus pada penanganan dan pencegahan Covid 19.

“Harus benar-benar kerja, selama covid, kita sudah istirahat penuh jadi tahun ini kita harus kerja dengan sungguh sungguh,” pungkasnya.

reporter : Mujiono

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.