Ini Alasan Bupati Omaleng Dukung DOB dan Otsus Jilid II

Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Bupati Kabupaten Mimika, Papua Eltinus Omaleng berencana menggelar deklarasi mendukung penuh Otsus Jillid II dan Deerah Otonomi Baru (DOB) serta mendeklarasikan dirinya sebagai Calon Gubernur Papua Tengah (PPT), Rabu (15/6/2022).

Bupati Eltinus usai apel gabungan dilingkungan Pemkab Mimika kepada wartawan, Senin (13/6/2022) mengatakan, DOB merupakan salah satu pasal turunan dari Otsus Jilid II, dimana ada daerah yang menolak ada pula yang menerima.

“Selama ini banyak yang demo tapi saya sendiri tidk pernah buka mulut. Sehingga hari ini terakhir saya harus buka mulut,” kata Bupati.

Dikatakan Deklarasi harus dilakukan dan otsus harus diterima sebab jika semua diterima, maka tanggal 26 Juni 2022 nanti akan dianggarkan di APBN Perubahan.

“Tapi kalau disini juga harus tolak, maka APBN Perubahan di pusat sana itu tidak dianggarkan maka DOB juga diundur sampai tahun 2027, Sehingga kita harus percepat untuk terima DOB itu sendiri. Itu satu poin yang kita harus desak dan kita harus terima Otsus dan DOB,” katanya.

Menurutnya, DOB bukan berarti membawa masalah negatif, namun DOB adalah hal positif untuk masa depan anak-anak Papua.

“Banyak orang boleh pikir yang negatif tapi bukan, justru di daerah ini kan butuh anggaran yang besar-besar dan juga butuh pemekaran harus dekat-dekat seperti Kabupaten – kabupaten harus dekat-dekat. Bila perlu tambah dua provinsi lagi supaya sesuai dengan wilayah adat itu sendiri,” ungkapnya.

Bupati katakan di wilayah Mee Pago selalu menggunakan Helicopter, pesawat kecil dan lainnya sementara jalan darat belum ada, padahal menurut Bupati jalan darat sangat penting.

“Sehingga kami harap DOB harus jadi, Provinsi harus dekat-dekat sehingga infrastruktur, jalan darat itu bisa berjalan begitu juga laju ekonomi bisa cepat untuk pembangunan di daerah Papua. Sehingga kami juga tidak boleh diam-diam, hari Rabu kita nyatakan kita terima DOB,” katanya.

Bupati juga mengatakan ia sebagai ketua asosiasi wilayah adat Mee Pago bersama dengan enam Bupati dibawahnya juga harus ikut mendukung.

“Apapun yang saya bicara disini enam bupati pun harus ikut dan mendukung walaupun masyarakat banyak yang tolak tapi kuncinya ada di kita pemerintah, bupati-bupati yang menyatakan sikap sehingga besok juga saya akan deklarasi maju gubernur Provinsi Papua Tengah. Jadi tiga hal yang mau kita deklarasi disana satu otsus Jilid 2, mendukung DOB atau pemekaran Provinsi Papua Tengah sekaligus deklarasi Gubernur Papua Tengah,” pungkasnya.

reporter : Kristin Rejang
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.