Ini Alasan Freeport Merekrut Karyawan Melalui FGP

Manager External & Media Relations Corporate Communications (Corpcom) PTFI Kerry Yarangga. (Foto: Dok/Seputarpapua)
Manager External & Media Relations Corporate Communications (Corpcom) PTFI Kerry Yarangga. (Foto: Dok/Seputarpapua)

TIMIKA | PT Freeport Indonesia saat ini tengah melakukan perekrutan karyawan melalui Fresh Graduate Program (FGP) atau Program Lulusan Baru.

Pendaftaran untuk program ini sendiri bisa melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Mimika maupun email [email protected]

Manager External & Media Relations Corporate Communications (Corpcom) PTFI Kerry Yarangga mengatakan, FGP adalah program perekrutan lulusan sarjana baru dengan prestasi akademik terbaik dari masing-masing disiplin Ilmu yang ada di tingkat univerisitas, atau para Sarjana yang telah memiliki pengalaman pekerjaan.

“Namun demikian, para lulusan ini tidak lebih dari 2 tahun setelah yang bersangkutan lulus dari universitas untuk menjadi Karyawan PTFI,” kata Kerry saat dikonfirmasi melalui telepon, Minggu (30/5/2021).

Alasan perekrutan karyawan melalui FGP, kata Kerry, karena ini merupakan salah satu strategi kebutuhan tenaga kerja bagi perusahaan untuk tujuan pengembangan operasi sampai dengan tahun 2041 nanti.

“Hal ini juga sesuai dengan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) yang diberikan oleh Pemerintah,” katanya.

Menurut Kerry, proses perekrutan FGP masih tahap awal dari HRD PTFI, sehingga nantinya masih ada tahapan-tahapan yang harus dilalui oleh calon tenaga kerja.

“Untuk penempatan dan berapa jumlah detail tenaga kerja yang dibutuhkan, saya belum mengetahui secara pasti dan akan dicek dulu,” ujarnya.

reporter : Mujiono
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.