Ini Alasan Kenapa Makan Mi Instan dengan Nasi Sebaiknya Dihindari

Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA | Mi instan menjadi salah satu makanan alternatif yang dianggap mudah dalam penyajiannya sehingga dijadikan teman saat menyantap nasi.

Faktanya, mi instan dan nasi memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Pola makan yang tidak sehat ini menyebabkan kelebihan kalori yang berasal dari karbohidrat.

Kalori adalah kebutuhan tubuh yang harus dipenuhi untuk menjalankan fungsi tubuh sehari-hari. Namun, kalori yang masuk perlu dibatasi agar tidak terjadi kelebihan asupan kalori. Kelebihan kalori dalam tubuh bisa mengakibatkan gangguan kesehatan.

Sebaiknya hindari kebiasaan mengonsumsi mi instan dan nasi secara bersamaan.

Melansir dari Healthline, seseorang yang kerap mengonsumsi mi instan mengalami peningkatan asupan natrium dan kalori dalam tubuh. Selain mi instan, nasi putih juga memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi.

Kalori adalah jumlah energi yang didapatkan dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Kalori dibutuhkan tubuh agar mampu beraktivitas dan menjalankan fungsinya dengan baik. Namun, jika kamu mengonsumi mi instan dan nasi secara bersamaan, maka berisiko sebabkan kelebihan asupan kalori dalam tubuh.

Kelebihan kalori dalam tubuh meningkatkan risiko gangguan kesehatan, seperti obesitas. Hal ini terjadi akibat asupan kalori yang masuk lebih banyak dibandingkan asupan kalori yang dikeluarkan oleh tubuh. Kalori yang tidak digunakan diubah oleh tubuh menjadi cadangan lemak yang mengakibatkan pertambahan berat badan berlebihan.

Seseorang yang mengalami obesitas juga dapat membahayakan kesehatannya. Jurnal dari Diabetology & Metabolic Syndrome mengungkapkan, obesitas meningkatkan risiko untuk mengalami penyakit kardiovaskular. Selain itu, obesitas juga kerap menjadi penyebab utama berbagai penyakit seperti dislipidemia, resistensi insulin, tekanan darah tinggi atau hipertensi, dan aterosklerosis pada orang dewasa maupun anak-anak.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar