Ini Inovasi Unik Batako oleh Kapolres Merauke

TUNJUKAN | Kapolres Merauke Untung Sangaji menunjukan batako yang dibuat dari cangkang kelapa sawit, Kamis (21/10/2021). (Foto: Emanuel/ Seputarpapua)
TUNJUKAN | Kapolres Merauke Untung Sangaji menunjukan batako yang dibuat dari cangkang kelapa sawit, Kamis (21/10/2021). (Foto: Emanuel/ Seputarpapua)

MERAUKE | Kapolres Merauke, AKBP Untung Sangaji merintis upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kabupaten Merauke, Papua dengan memproduksi batako unik yang dibuat dari tempurung (cangkang) kelapa sawit.

AKBP Untung Sangaji ketika ditemui di Merauke, Kamis (21/10/2021), mengatakan bahwa limbah cangkang kelapa sawit dapat memberikan nilai manfaat bagi masyarakat di wilayah tersebut.

“Untuk membantu ekonomi masyarakat, Polres Merauke memberikan pelatihan-pelatihan khusus terkait keterampilan UKM, salah satunya pembuatan batako dari cangkang sawit,” ujarnya.

Dijelaskan, inovasi batako berbahan cangkang sawit dikembangkannya dalam beberapa bulan dengan proses yang cukup rumit, mulai dari pemilihan cangkang yang baik, pencampuran bahan hingga proses produksi.

“Masyarakat bisa bikin rumah bagus dan kuat dari batako cangkang sawit, bahkan bisa diproduksi untuk dijual sehingga memberikan nilai ekonomi kepada masyarakat,” kata dia.

Lulusan Akpol 1995 ini mengungkapkan bahwa tempurung sawit sangat melimpah di Merauke, mengingat cukup banyak perusahaan sawit di wilayah itu.

Limbah sawit ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Setiap perusahaan ada ratusan ton, kalau digabung bisa ribuan ton. Temuan atau keterampilan ini akan saya kembangkan secara optimal di masyarakat, sehingga bisa memberikan nilai manfaat,” tuturnya.

Menyoal kualitas batako berbahan cangkang sawit tersebut, Kapolres Merauke Untung menyatakan bahwa ia telah melakukan uji coba, baik ditembak maupun dipukul dengan benda keras.

“Saya sudah mencobanya, dan memang batako dari cangkang sawit ini sangat kuat. Inovasi ini akan kami tularkan kepada masyarakat Merauke,” tandasnya.

reporter : Emanuel
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.