Ini Manfaat Pemberian Vitamin A untuk Anak

POSYANDU | Pemberian Vitamin A kepada anak (Foto: Ist/Seputarpapua)
POSYANDU | Pemberian Vitamin A kepada anak (Foto: Ist/Seputarpapua)

TIMIKA | Puskesmas Pasar Sentral tengah melakukan pencanangan pemberian vitamin A dan obat cacing melalui Posyandu-posyandu.

Kamis (11/2/2021), pemberian vitamin A dan obat cacing dan penimbangan dilakukan di Posyandu di Jalan Kartini, Kota Timika.

Dalam kegiatan Posyandu, penyuluh Puskesmas Pasar Sentral memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pemberian vitamin A pada anak.

Dijelaskan, vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin larut yang berperan penting dalam pembentukan penglihatan yang baik.

“Pentingnya adalah menjaga kesehatan tubuh terutama pada mata, kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit,” kata penyuluh kepada ibu-ibu yang mengikuti posyandu.

Selain itu, vitamin A juga berperan dalam merawat kesehatan tulang. Vitamin A bisa didapatkan dari makanan yang dikonsumsi berupa buah dan sayur.

IKLAN-TENGAH-berita

Buah-buahan yang mengandung vitamin A diantaranya apel, pisang, mangga dan pepaya. Adapun rumput laut dan kacang-kacangan juga mengandung vitamin A.

“Ikan, hati sapi dan hati ayam itu juga mengandung vitamin A,” tuturnya.

Vitamin A diberikan kepada anak pada usia mulai enam bulan sampai 5 tahun.

Sementara Kepala Puskesmas Pasar Sentral, Pina Lambe menjelaskan, pemberian vitamin A dan obat cacing sudah dilakukan sejak awal bulan Februari.

Ada 19 Posyandu yang tersebar di wilayah kerja Puskesmas Pasar Sentral dan semua sudah mulai melakukan pemberian vitamin A dan obat cacing.

“Setiap tanggal 18 itu Posyandu di Puskesmas,” katanya.

Pina mengatakan, untuk pelaksanaan Posyandu baik di Puskesmas maupun di Posyandu terus dilakukan koordinasi dan kerjasama dengan pihak kelurahan.

Lurah setempat juga meminta kepada pihak Puskesmas untuk memberikan daftar kebutuhan seperti tank air dan lainnya yang dibutuhkan pada pelaksanaan Posyandu agar bisa disiapkan oleh kelurahan.

Pina juga meminta Lurah setempat menyiapkan bilik-bilik khusus untuk bisa dilakukan pemeriksaan terhadap ibu hamil, mengingat Posyandu dilaksanakan di rumah salah satu kader Posyandu.

“Karena kasihan ibu hamil itu kalau harus periksa langsung ke puskesmas,” katanya.

 

Reporter: Anya Fatma
Editor: Misba

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar