Ini Penjelasan Jubir Covid-19 Mimika soal Satu Pasien Dalam Pengawasan

Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Mimika, Reynold Ubra. (Foto: Sevianto/SP)
Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Mimika, Reynold Ubra. (Foto: Sevianto/SP)

TIMIKA | Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Papua melaporkan hingga Selasa (24/3) siang, tercatat 19 pasien dalam pengawasan (PDP), dan 716 orang dalam pemantauan (ODP) di wilayah itu.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Papua dr. Silwanus Sumule mengatakan, ada dua penambahan PDP masing-masing di Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Mimika.

“Untuk (PDP) di Kabupaten Mimika ini merupakan kasus baru. Karena ini kasus pertama disana,” kata Sumule kepada wartawan di Jayapura, Selasa.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Mimika Reynold Ubra mengatakan, pasien yang dinyatakan PDP adalah seorang anak laki-laki berumur 1 tahun 11 bulan yang datang ke RSUD Mimika pada tanggal 23 Maret 2020.

“Dimana berdasarkan tanda dan gejala serta hasil foto rontgen (pasien) menunjukan pneumonia berat,” katanya.

Dijelaskan, pasien ini tidak memiliki riwayat kontak erat dengan ODP (kontak erat risiko rendah) maupun PDP (kontak erat risiko tinggi) bahkan tidak punya riwayat bepergian ke daerah terjangkit.

Akan tetapi, atas pertimbangan medis terutama tindakan pencegahan serta mengingat situasi penyebaran COVID-19 saat ini, maka pasien dikategorikan sebagai ODP dan RSUD telah mengirimkan sampel untuk diperiksa pada Selasa 24 Maret 2020.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar