Ini Penyebab Anak Menderita Radang

Dokter Elisabeth Pakilaran
Dokter Elisabeth Pakilaran

TIMIKA | Dokter Elisabeth Pakilaran menyebutkan ada beberapa penyebab anak menderita peradangan atau biasa disebut radang.

Dokter yang melayani di Klinik Medika Bhakti Timika menuturkan, radang adalah usaha dari badan atau perlawanan badan terhadap sesuatu yang mengganggu ketahanan badan anak.

“Ketika apapun yang memicu ketahanan badan anak kita, itu yang bisa memicu radang,” kata dr Elisabeth saat diwawancara di ruangannya, Senin (3/10/2022).

Ia mengatakan, biasanya orang menyamakan radang dengan amandel. “Padahal tidak,” katanya.

Penyebab lain yang biasa disebutkan ialah ketika anak minum es. Padahal itu hanyalah menjadi salah satu faktor penyebab, bukan faktor utama.

“Tanpa minum es pun kalau dia kurang istirahat, main kiri kanan, capek, teriak-teriak itu juga sumber (penyebab radang),” ungkap dr Elisabeth.

Sehingga dikatakan, penyebab utama radang ialah ketahanan tubuh anak. Salah satunya saat anak menghadapi cuaca dingin juga menjadi penyebab radang.

“Bukan (karena makan jajan), itu hanya sebagian besar. Ketika misal minum es, atau makan minum yang terlalu manis, itu mempermudah,” katanya.

Ia menuturkan, anak-anak tidak bisa dijaga dalam waktu satu kali dua puluh empat jam, anak juga perlu waktu dan kebebasan untuk berkembang dan jangan dilarang aktifitasnya.

“Biarkan anak itu membangun pertahanan badannya sendiri, nanti kalau misal dia panas baru bawa ke dokter,” ucapnya.

Meski begitu, ia mengingatkan kepada para orang tua untuk tetap menjaga makanan maupun minuman yang akan dikonsumsi oleh anak.

“Kalau kira-kira dia dengan es bisa langsung (radang), apalagi kalau dokter sudah infokan misal amandel sudah cukup besar, itu hati-hati ya,” pesannya.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Anya Fatma
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.