Ini Penyebab Bayi Bisa Terpapar Covid-19

Bolehkah Mencium Bayi yang Baru Lahir? Apa Dampaknya?

TIMIKA | Dokter spesialis kandungan Rumah Sakit Kasih Herlina Timika, Papua, Leonard Pardede SpOG

menjelaskan salah satu penyebab bayi bisa terpapar Covid-19 adalah dari ibunya.

Meski demikian, dia menuturkan metode penularan bukan disaat bayi masih dalam kandungan ataupun melalui air susu ibu, tetapi justru disaat bayi sudah lahir dan berinteraksi dengan sang ibu yang positif Covid-19.

“Hingga saat ini belum ada hasil penelitian yang mempublikasikan bahwa ada covid di anion atau placenta. Tapi apakah ada bayi yang terinfeksi Covid-19? Ada,” jelas dokter saat diwawancara di ruang kerjanya, RS Kasih Herlina, Jalan Ahmad Yani, Timika, Rabu (11/8/2021).

Selain saat di dalam kandungan, saat ini juga belum ada hasil penelitian yang menyatakan ada Covid-19 pada air susu ibu.

Menurutnya, seorang bayi tidak lahir langsung dinyatakan positif Covid-19. Namun setelah dilahirkan bisa saja terinfeksi apabila ibunya terinfeksi Covid-19.

Seperti diketahui, salah satu cara penularan virus ini adalah melalui pernapasan. Inilah salah satu penyebab bayi bisa terinfeksi.

“Ketika ibu mengidap covid menyusui anaknya dengan tidak mematuhi prokes seperti memakai masker, itu bisa tertular,” ungkap dokter Leo.

Untuk itu, ia berpesan kepada setiap ibu yang baru melahirkan agar tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran para dokter.

Tanggapi Berita ini
reporter : Anya Fatma
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.