Ini Serangkaian Aksi Kriminal Luki Murib, Panglima Lapangan KKB yang Tewas di Ilaga

TIMIKA | Kepala Operasi (Kaops) Damai Cartenz 2022, Kombes Pol Muhammad Firman membeberkan rentetan aksi kekerasan yang dilakukan Luki Murib selaku anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Ilaga yang bermarkas di Kabupaten Puncak, Papua, dan menjabat sebagai Panglima Lapangan Kodap III Ndugama.

Luki Murib tewas bersama pengikutnya, Badaki Kogoya, dalam baku tembak dengan Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz yang sedang melakukan penyelidikan pelaku kasus pembakaran di Kabupaten Puncak, pada Sabtu, 23 April 2022, di sekitar jembatan Ilame, Kampung Eromaga, Distrik Omukia.

Kaops Damai Cartenz membeberkan belasan aksi kekerasan yang dilakukan Luki Murib maupun ikut terlibat didalam aksi.

Mulai dari pembakaran sejumlah bangunan di Puncak hingga penembakan rombongan Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua yang menyebabkan Mayjen Anumerta I Gusti Putu Danny Nugraha Karya gugur.

Pada 17 April 2021, Luki Murib terlibat dalam aksi pembakaran rumah guru SD Dambet dan rumah Kepala Suku Dambet. Pada 25 April 2021, ia juga terlibat dalam penembakan terhadap rombongan Kabinda Papua.

Selanjutnya pada 27 Januari 2022, terlibat dalam penembakan personel Satgas Pamtas Yonif R 408/SBH. Pada 31 Januari 2022 terlibat aksi pembakaran honai milik masyarakat bernama Endis Kogoya.

Pada 15 Februari 2022, melakukan aksi penembakan terhadap mobil DF milik satgas Gakkum.

Kemudian pada 19 Februari 2022 terlibat dalam kontak tembak dengan persobel Satgas Lanud BKO Kodam XVII/Cenderawasih dan pembakaran 2 unit camp milik PT Martha Tunggal Teknik (MTT).

Ditanggal yang sama, Luki Murib melakukan aksi penembakan terhadap karyawan PT MTT dengan korbannya bernama Glen Sumampouw.

Pembakaran 6 unit rumah di dekat tower Telkomsel dan di dekat SMK Ilaga pada 20 Februari 2022.

Tidak hanya itu, Luki Murib juga terlibat dalam pembakaran beberapa perumahan milik masyarakat pendatang di Puncak pada tanggal 5 dan 6 April 2022.

Terakhir melakukan aksi pembakaran bangunan milik PT MTT di Kampung Wako, Distrik Ilaga pada 22 April 2022.

Selain berperan sebagai pasukan KKB Ilaga yang aktif melancarkan serangkaian aksi kekrasan, Luki Murib juga merupakan perantara link senjata dan amunisi (Senmu) KKB gabungan Ilaga.

Ia juga intens membangun jaringan untuk mencari senjata dan amunisi pada beberapa wilayah di Papua untuk menambah kekuatan KKB Ilaga.

Sebelumnya, dua orang anggota KKB Ilaga tewas dalam baku tembak dengan Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz pada Sabtu, 23 April 2022 di jembatan Ilame, Kampung Eromaga, Distrik Omukia.

Kepala Satgas Ops Damai Cartenz, Kombes Pol Muhammad Firman yang dikonfirmasi Seputarpapua.com dari Timika, Senin (25/4/2022), membenarkan pentolan KKB, Luki Murib bersama pengikutnya, Badaki Kogoya, tewas dalam baku tembak dengan Satgas Gakkum.

Peristiwa itu terjadi saat aparat keamanan melakukan penyelidikan pelaku kasus pembakaran yang dilakukan KKB di Puncak. Namun sekitar pukul 04.58 WIT, aparat mendapat gangguan tembakan dari KKB hingga terjadi kontak tembak.

“Hari Sabtu, jam 04.58 anggota sedang lakukan lidik pelaku pembakaran, (tiba-tiba,red) mendapat gangguan tembakan dari KKB,” kata Kombes Firman saat dikonfirmasi via telpon.

Dalam peristiwa itu, Luki Murib yang merupakan Panglima Lapangan Kodap III Ndugama yang berpangkat Brigjen serta bermarkas di Kampung Ondugura, tewas bersama Badaki Kogoya.

reporter : Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.