Ini Tempat Wisata yang Bisa Dikunjungi Tamu PON XX dan Pesparawi

Kepala Disparbudpora Kabupaten Mimika, Bernadinus Songbes (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Kepala Disparbudpora Kabupaten Mimika, Bernadinus Songbes (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) direncanakan digelar pada bulan Oktober 2021.

Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Mimika, Papua telah merekomendasikan tiga tempat wisata yang bisa dikunjungi tamu – tamu saat mengikuti PON maupun Pesparawi.

Tiga tempat wisata yang direkomendasikan ini diantaranya Hutan Mangrove, pemandian Kilo 8, dan Kota Kuala Kencana.

“Dalam rapat Pesparawi sudah ada tiga tempat wisata yaitu di Mangrove, Tempat pemandian Kilo 8, dan Kuala Kencana,” kata Kepala Disparbudpora Mimika Bernadinus Songbes kepada Seputarpapua.com, Jumat (23/4/2021).

Menurut Songbes, berbagai persiapan sudah dilakukan pihaknya, seperti penataan di tempat wisata tersebut. Hanya saja, untuk pendanaannya akan diatur Sub PB PON Mimika.

“Kami dari dinas teknis siapkan tempatnya sementara lainnya kan ada bidang – bidangnya, kemudian termasuk pendanaan nanti Sub PB PON yang atur untuk PON,” jelasnya.

Songbes menambahkan, untuk kawasan wisata Hutan Mangrove yang masih belum dilengkapi, akan dianggarkan dalam APBD perubahan tahun ini.

“Seperti di kilo 8, sementara mereka ada siapkan. Sementara untuk Mangrove nanti dianggaran perubahan kita akan lengkapi yang masih kurang disana, untuk kejar persiapan PON dan Pesparawi ini,” pungkasnya.

reporter : Kristin Rejang
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.