seputarpapua.com

IPM Papua Lima Tahun Terakhir Terus Membaik

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Papua, Musa'ad. (Foto: Berti/SP)
Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Papua, Musa’ad. (Foto: Berti/SP)

JAYAPURA | Pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Papua dalam kurun waktu lima tahun terakhir, diyakini terus membaik meski secara nasional relatif paling rendah dan berada pada urutan terbawah.

Dilansir dari Papua.go.id, Senin (29/3/2021) Asisten Sekda Papua Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat, Muhammad Musa’ad mengatakan, pertumbuhan IPM Papua pada tahun lalu, nampak pada kenaikan Umur Harapan Hidup (UMH) menjadi 68,79 tahun.

Dimana Harapan Lama Sekolah (HLS) menjadi 11,08 tahun, meski rata lama sekolah (RLS) 6,69 tahun.

Lalu ada pengeluaran per kapita yang naik dari tahun 2018 ke tahun 2019 menjadi 7,336, hanya saja turun akibat Covid-19 menjadi 6.959 pada 2020.

“Dan memang kondisi IPM di wilayah kabupaten/kota di Papua tidak merata karna faktor geografis, sosial, budaya dan politik serta tak ketinggalan keamanan,”jelasnya.

Ia menambahkan, proses perencanaan pembangunan di Provinsi Papua saat ini terus berjalan, jelang sisa dua tahun masa kepemimpinam Gubernur Lukas Enembe.

Oleh karenanya, di penghujung masa kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua , pihaknya mendorong seluruh OPD agar dapat menyiapkan program pembangunan yang bersifat monumental untuk menjadi kebanggaan masyarakat.

“Selain venue PON XX serta Infrastruktur lainnya yang telah terbangun saat ini,” katanya.

Berita Terkait
Baca Juga