Jadi Ibu Kota Provinsi Papua Tengah, Bupati Nabire: Kami Segera Siapkan Kantor Gubernur Sementara

Bupati Nabire, Mesak Magai.
Bupati Nabire, Mesak Magai

NABIRE | Pengesahan RUU Daerah Otonomi Baru (DOB) Pembentukan Provinsi Papua Tengah menjadi Undang-Undang telah dilakukan Panja DPR RI, di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Selain Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan dan Provinsi Papua Selatan  juga telah disahkan.

Bupati Nabire Mesak Magai mengatakan, setelah disahkan Provinsi Papua Tengah dengan ibu kota di Nabire, maka pihaknya segera akan mempersiapkan kantor gubernur sementara.

“Karena hari ini DPR RI sudah mengesahkan, maka kesiapan kita langkah pertama yang kita lakukan adalah persiapan-persiapan kantor gubernur sementara dan sebagainya,” kata Mesak dalam coffee morning bersama Forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh pemuda, dalam elemen masyarakat lainnya, di Guest House Jalan Merdeka Nabire, Kamis (30/6/2022).

Untuk kantor gubernur sementara, menurut Mesak, dirinya akan berkoordinasi dengan DPRD Nabire untuk menjadikan kantor DPRD sebagai kantor gubernur sementara.

“Saya akan mengundang teman-teman DPRD, apakah DPRD yang akan kita kasih pindahkan kesini, dan kantor DPRD itu yang akan dijadikan kantor gubernur sementara,” ujar Mesak.

Selain itu, kata Mesak, dirinya dalam waktu dekat akan mengundang 6 suku dari pesisir, 3 suku dari pegunungan untuk berbicara terkait langkah kedepan pasca Nabire mejadi ibu kota Provinsi Papua Tengah.

“Dalam waktu dekat ini saya akan undang 6 suku dari pesisir, dan juga 3 suku dari daerah gunung di atas ada 9 suku asli disini untuk bagaimana kita orang asli disini menjadi tuan di atas negeri kita. Kesiapan apa yang akan kita lakukan sebagai orang asli disini saya lakukan langkah-langkah itu,” tutur Mesak.

Sementara terkait dengan penempatan Aparatur Sipil Negara (ASN), menurut Mesak, akan dilakukan Provinsi Papua sebagai provinsi induk.

Sehingga, apabila ASN Pemda Nabire dibutuhkan, maka dirinya akan berkoordinasi dengan Sekda dan Bagian Kepegawaian sesuai dengan kebutuhan.

“Kalau pemerintah Provinsi Papua undang saya untuk limpahkan sebagian ASN dari Kabupaten Nabire ke provinsi nanti, saya dengan Sekretaris Daerah kemudian Badan Kepegawaian Daerah disini kami akan susun dari ASN berapa nanti yang akan limpahkan ke provinsi,” tutur Mesak.

Mesak menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Nabire atas dukungan dan kebersamaan serta doa, sehingga Nabire dapat menjadi ibu kota Provinsi Papua Tengah.

“Hari ini ketuk palu Nabire menjadi ibu kota Provinsi Papua Tengah, sehingga kami atas nama seluruh masyarakat Nabire juga menyampaikan terima kasih kepada semua tokoh-tokoh yang turut berjuang sebelumnya,” pungkas Mesak.

Tanggapi Berita ini
reporter : Dhede
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.