Jaga Kebersihan, Disperindag Tempatkan 10 Bak Sampah di Pasar Sentral

BAK SAMPAH - Bak sampah yang disiapkan Disperindag di kawasan Pasar Sentral. (Foto: Muji/SP)
BAK SAMPAH | Bak sampah yang disiapkan Disperindag di kawasan Pasar Sentral. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Mimika, Michael Gomar mengakui, hingga saat ini penanganan sampah di Pasar Sentral Timika, Papua belum berjalan maksimal.

Namun pihaknya terus berupaya menjadikan Pasar Sentral sebagai kawasan yang bersih agar para pengunjung dan penjual merasa aman.

Salah satu upaya yang dilakukan saat ini adalah menyediakan 10 unit bak sampah di beberapa titik di Pasar Sentral.

“Salah satu upaya yang kami lakukan adalah dengan menempatkan 10 unit bak sampah, dibeberapa titik yang memudahkan pedagang maupun masyarakat untuk membuang sampah,” kata Gomar di Pasar Sentral, Rabu (28/10).

Kata dia, bak-bak sampah yang ditempatkan isudah memisahkan antara sampah kering, basah, dan plastik. Sehingga pedagang atau masyarakat bisa membuang sampah pada tempatnya.

Selain itu, terkait masalah penanganan sampah, pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi kepada para pedagang mulai waktu membuang sampah.

IKLAN-TENGAH-berita

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan dinas lingkungan hidup agar bisa memfasilitasi satu unit dump truk dan bak sampah di Pasar Sentral.

Nantinya, dump truk dan bak sampah tersebut akan menjadi Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD), baik itu tenaganya (sopir dan pengangkut sampah) sampai perawatan.

” Dengan pemisahan sampah basah, kering, dan plastik ini, kami berencana mengembangkan industri pengolahan sampah di Pasar Sentral untuk dijadikan industri kreatif,” kata Gomar.

Reporter: Mujiono
Editor: Misba Latuapo

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar