Jaringan Telekomunikasi Masih Stabil, Ini Penjelasan Telkom

Penjelasan Telkomsel Soal Internet Lambat di Wilayah Indonesia Timur
Ilustrasi

TIMIKA | PT Telkom sempat berencana melakukan pemeliharaan rutin pada jaringan kabel laut pada sekitar tanggal 20 atau 21 Februari 2023 selama tujuh hari kedepan.

Namun, hingga saat ini jaringan di wilayah Mimika dan sekitarnya masih normal.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima seputarpapua.com, pihak Telkom menjelaskan untuk meningkatkan layanan IndiHome agar bisa dinikmati masyarakat lebih baik lagi,  Telkom Regional 7 berupaya melakukan optimalisasi pemeliharaan rutin sistem komunikasi kabel laut (SKKL) ruas Sorong-Merauke.

Pemiliharaan dilakukam karena adanya kondisi shunt fault atau terjadi luka di titik yang berjarak berjarak 107 km dari Merauke dan berada di kedalaman 33 meter, pada kabel SKKL SMPCS ruas Sorong-Merauke yang berpotensi mengakibatkan jaringan dapat terputus jika tidak segera dilakukan optimalisasi.

Proses optimalisasi jaringan SKKL  akan berdampak sementara terhadap penurunan kualitas layanan pelanggan di lokasi Merauke, Timika, dan Kaimana.

Executive Vice President Telkom Regional 7, Agus Yudha Basuki menjelaskan pelanggan yang terdampak akan menerima notifikasi terkait penurunan kualitas internet.

Namun, saat ini layanan Telkom untuk masyarakat Papua dan sekitarnya masih berjalan normal.

Waktu perkiraan perbaikan selama satu minggu mulai tanggal 24 Februari – 2 Maret 2023, mundur dari rencana awal tanggal 20 Februari 2023 sehubungan dengan adanya kendala cuaca.

Salah satu faktor penentu kecepatan pemeliharaan adalah cuaca.

“Melihat faktor cuaca saat ini, maka prosesnya akan kami mulai tanggal 24 Februari,” ungkap Agus Yudha sekaligus mengklarifikasi berita sebelumnya.

Agus Yudha menambahkan, Telkom telah menyiapkan link backup melalui Radio dan Fiber Optik Palapa Ring Timur serta Satelit agar pelanggan dapat menggunakan layanan Telkom dengan bandwidth yang terbatas selama kegiatan optimalisasi berlangsung.

“Atas nama manajemen, kami menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan yang terdampak atas ketidaknyamanan yang terjadi dan mohon doanya agar cuaca mendukung,” kata Agus Yudha.

Advertisements

Lebih lanjut, Agus Yudha menjelaskan Telkom Group terus melakukan upaya maksimal agar optimalisasi pemeliharaan rutin jaringan SKKL bisa selesai lebih cepat dan kondisi cuaca mendukung dalam pelaksanaannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan