Jelang Natal, Harga Cabai di Pasar Sentral Tembus Rp100 Ribu Perkilo

JUAL | Aneka Bumbu dan sayuran yang dijual di Pasar Sentral Mimika. (Foto: Kristin Rejang/SP)
JUAL | Aneka Bumbu dan sayuran yang dijual di Pasar Sentral Mimika. (Foto: Kristin Rejang/SP)

TIMIKA | Menjelang Perayaan Natal tahun 2020, harga barang di Pasar Sentral Timika ada yang mengalami kenaikam ada pula yang tetap stabil.

Amir, salah satu pedagang Pasar Sentral kepada Seputarpapua.com menuturkan, harga bahan makanan seperti cabe rawit, cabe merah besar, tomat, serta bawang merah dan bawang putih mengalami kenaikan.

“Kenaikan harga di area pasar jelang hari raya Natal, itu sudah menjadi hal yang biasa, karena harga barang tergantung juga dari banyaknya barang, jadi harga barang naik kalau kita beli di orang dengan harga yang mengalami kenaikan,” kata Amir, Sabtu (5/12).

Dijelaskan, harga tomat mengalami kenaikan Rp10.000 menjadi Rp30.000 per kilo. Sebelumnya tomat dijual dengan harga Rp20.000-hingga Rp25.000 ribu per kilo.

“Kalau cabai keriting atau rawit satu kilonya 100 ribu, kalau bulan lalu hanya sekitar 70 ribu perkilo, kalau cabai merah besar 60 ribu perkilo, tidak mengalami kenaikan kalau cabai merah besar” ujarnya.

Selanjutnya, mawang merah dan bawang putih masih dengan harga yang normal yakni berkisar Rp 40 ribu sampai Rp 60 ribu perkilo.

IKLAN-TENGAH-berita

“barang-barang kan dikirim dari luar, kalau di luar alami kenaikan ya sudah pasti kita juga harus menaikan harga, karena kita juga tidak mau rugi, memang kalau jelang hari raya pasti ada kenaikan walaupun sedikit,” jelas Amir.

Lainnya, Purwati menuturkan cabe rawit masih menjadi komoditi yang biasanya mengalami kenaikan jelang natal, karena saat ini harganya tembus Rp100 ribu perkilonya.

“Untuk sayuran seperti wortel 30 ribu per kilo, Kentang 30 ribu, kemudian untuk sayuran seperti Kacang panjang, bayam, sawi dan kangkung berkisar 10 ribu perkilo,” jelas Purwati.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar