Jelang Natal, Harga Daging di Pasar Kalibobo Naik

Pasar Sentral Kalibobo (Foto : Christian Degei/seputarpapua)
Pasar Sentral Kalibobo (Foto : Christian Degei/seputarpapua)

NABIRE | Di setiap tahun menjelang hari Natal, harga barang bahkan harga daging  di sejumlah pasar di Kabupaten Nabire, Papua Tengah mengalami kenaikan cukup drastis.

Hal itu menyebabkan, mayoritas konsumen sering mengeluarkan pelbagai ucapan keluhannya secara tertulis maupun lisan di publik.

Salah seorang konsumen Rosina Warobai, mengatakan, menjelang Natal di setiap tahun harga barang di sejumlah pasar, bahkan toko yang beroperasi di kabupaten Kabupaten Nabire mengalami kenaikan harga harga.

“Setiap tahun menjelang Natal ini semua harga barang naik di kabupaten Nabire,” kata dia, Jum’at (2/11/2022).

Menurutnya, bukan harga barang saja yang memuncak, tetapi harga daging disetiap pasar pun ikut arus. Kecuali sayuran, masih terlihat stabil.

“Harga ikan dan ayam sudah naik semua sekarang. Tidak seperti sebelumnya. Kecuali harga sayuran, masih sedang stabil,” akuinya.

Seharusnya, kata dia, para pedang tidak perlu melakukan kenaikan harga pada setiap barang yang diperdagangkan.

“Harga pasar seharus harus disesuaikan dengan kemampuan para konsumen. Tetapi masih tanggal 2 Desember saja, harga barang mulai naik. Kasihan masyarakat masih tidak mampu membeli,” katanya.

Ia menilai, harga daging ikan sebelumnya Rp50 ribu itu naik menjadi Rp75-100. Belum lagi harga daging ayam, naik paling memuncak.

“Masih awal Desember saja harga naik. Apalagi, tanggal belasan, semua harga barang pasti akan naik,”ucapnya.

Sementara satu diantara pedagang Pasar Kalibobo Ismail menjelaskan, para pedagang masih menyesuaikan harga.

Sebab, sebelum harga dinaikan, para pedagang harus melakukan suatu kesempatan terkait menaikan harga barang, bahkan harga daging di pasar.

“Kami masih sesuaikan dengan permintaan pembeli. Kalau pembeli banyak, harga juga kami naikan,” jelasnya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Christian Degei
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.