Jelang Natal, Telkomsel Prediksi Layanan Data Naik 10,19 Persen

Ombudsman Dalami Kerugian Akibat Pemblokiran Internet di Papua
Ilustrasi

TIMIKA | Telkomsel memprediksi trafik layanan data akan mengalami peningkatan sebesar 10,19 persen pada Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan, Jika dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru sebelumnya, Telkomsel memprediksi trafik data tumbuh 49,3 Persen.

“Prediksi tersebut didasari pada tren perubahan perilaku pelanggan selama masa pandemi sepanjang tahun ini, di mana terjadi pergeseran pemanfaatan akses layanan berbasis digital untuk kebutuhan mendukung aktivitas keseharian,” tutur Hartono melalui keterangan tertulis yang diterima Seputarpapua.com, Senin (14/12).

Aktivitas harian pengguna yang dimaksud, menurut Hartono, seperti akses layanan media sosial yang diprediksi tumbuh 7,32 persen, layanan communications, seperti instant messaging dan video conference akan melonjak 22,52 persen.

Sementara layanan streaming video naik 12,47 persen, layanan mobile gaming melonjak hingga 18,65 persen akses browsing naik 14,21 persen , serta akses layanan e-commerce yang akan tumbuh sekira 13,17 persen.

“Sedangkan untuk trafik pada layanan SMS, Telkomsel memproyeksi akan terjadi pertumbuhan sebesar 4,89 persen dibandingkan dengan hari biasa di 2020,” tuturnya.

IKLAN-TENGAH-berita

Jika dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru 2019, Hartono mengatakan pertumbuhan yang terjadi diprediksi mencapai 0,8 persen. Untuk layanan Voice, Telkomsel memprediksi trafiknya akan tumbuh 2,76 persen dari hari biasa di tahun ini.

“Jika dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru sebelumnya, trafik layanan Voice diperkirakan akan turun 12,1 persen,” sebutnya.

Berdasarkan prediksi trafik ini, Telkomsel akan mengambil langkah antisipatif dengan melakukan optimalisasi jaringan, khususnya pada konektivitas broadband, di 550 point of interest (POI) yang tersebar di seluruh Indonesia.

“POI tersebut mencakup 304 area residensial, 23 wilayah rumah sakit utama penanganan COVID-19, serta 223 titik strategis utama lainnya di tiap provinsi, meliputi titik jalur distribusi logistik seperti bandara, pelabuhan, jalan, serta fasilitas umum lain,” terangnya.

Melalui kesempatan tersebut juga, keluarga besar Telkomsel mengucapkan selamat memperingati hari Natal bagi masyarakat yang merayakan dan selamat Tahun Baru untuk seluruh masyarakat Indonesia.

“Kami menyadari bahwa momen perayaan Hari Natal dan Tahun Baru saat ini masih harus dijalani dengan suasana masa pandemi yang penuh tantangan. Sehingga, sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, kami akan terus bergerak maju untuk selalu hadir menemani setiap fase kehidupan masyarakat dengan membawa Semangat untuk Semua,” ucap Hartono.

Lanjut Hartono, dengan komitmen ini, Telkomsel berupaya mendampingi seluruh lapisan masyarakat melalui kontribusi nyata yang diharapkan dapat memberi dampak positif bagi masyarakat, khususnya pelanggan setia Telkomsel.

“Untuk itu, sebagai connectivity enabler, kami secara konsisten akan memastikan momen akhir tahun tetap spesial bagi seluruh masyarakat dengan terus saling terhubung melalui pemanfaatan layanan berteknologi digital yang didukung akses jaringan broadband terkini dan terluas dari Telkomsel.” pungkasnya.

 

Reporter: Yonri Revolt
Editor: Misba Latuapo

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar