Jelang Pilkada, Linmas Dua Distrik dapat Pembekalan Keamanan dan Ketertiban

Susana kegiatan Pemberdayaan dan Perlindungan Masyarakat yang diisi dengan pembekalan kepada Linmas di Distrik Kuala Kencana, Jumat (21/6/2024). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)
Susana kegiatan Pemberdayaan dan Perlindungan Masyarakat yang diisi dengan pembekalan kepada Linmas di Distrik Kuala Kencana, Jumat (21/6/2024). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA, Seputarpapua.com | Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Mimika memberikan pembelakan keamanan dan ketertiban kepada Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) atau Hansip di dua distrik, yakni Kwamki Narama dan Kuala Kencana.

Plt. Kepala Bidang Linmas Rudolf Angkouw menjelaskan, pembelakan bertujuan memberikan tambahan pengetahuan juga ketrampilan kepada Linmas di dua distrik tersebut.

“Pembekalan ini diberikan agar mereka (Linmas) tahu tugas dan fungsi Linmas saat menjalankan tugas di lapangan,” ujarnya saat ditemui usai pembekalan yang digelar di Kompleks Kantor Distrik Kuala Kencana, Jumat (21/6/2024).

Kata Rudolf pembekalan diberikan mengingat Pilkada 2024 semakin dekat.

“Pembekalam tadi itu menjelaskan tugas mereka di lapangan itu seperti apa, terus sewaktu di Tempat Pemungutan Suara (TPS) itu juga bagaimana,” katanya.

Rudolf mengungkapkan, Linmas memiliki peran penting dalam menjaga ketertiban umum di mana pun mereka ditempatkan.

“Harapannya petugas Linmas itu bisa paham dengan tugas mereka di distrik dan kampung, tempat mereka ditugaskan,” ungkapnya.

Rudolf menyebut dalam pembekalan ini pihaknya mengundang KPU Mimika, Babinsa, dan juga kepolisian sebagai narasumber.

“Kegiatan pembekalan ini sebenarnya ingin kami lakukan di beberapa distrik tetapi karena keterbatasan anggaran kita lakukan di dua distrik dulu,” ujarnya.

Ditemui dikesempatan yang sama, Kapolsek Kuala Kencana Iptu Stepanus Yimsi mengapresiasi kegiatan pembekalan yang diberikan kepada Linmas.

“Linmas ini punya peran penting untuk membantu kami (kepolisian) untuk menjaga Kamtibmas dan ketentraman di masyarakat, mereka ini kan sudah ada sejak Indonesia merdeka, bahkan lebih dahulu sebelum TNI-Polri ada,” tuturnya.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan