Jelang Puncak Mudik, Pemkab Merauke Lakukan Vaksinasi Booster

VAKSIN | Seorang warga sedang disuntik vaksin booster. (Foto: Emanuel/ seputarpapua)
VAKSIN | Seorang warga sedang disuntik vaksin booster. (Foto: Emanuel/ seputarpapua)

MERAUKE | Pemerintah Kabupaten Merauke, Papua melalui sejumlah instansi melaksanakan vaksinasi booster bagi warga setempat yang hendak mudik lebaran 2022.

Vaksinasi berlangsung selama dua hari, yakni Selasa-Rabu (20/4/2022) di Taman Mandala. Kegiatan ini melibatkan petugas medis dari Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah dan TNI-Polri.

Kepala Seksi Imunisasi Dinkes Kabupaten Merauke, Serovina Dumatubun mengatakan, pemberian vaksinasi booster (dosis ketiga) untuk memudahkan warga yang melakukan perjalanan mudik lebaran.

Aturan yang ditetapkan pemerintah pusat bahwa setiap pelaku perjalanan dalam negeri telah menerima vaksin dosis ketiga, dan atau menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen bagi yang telah vaksin dosis 1 dan 2.

“Selain booster, kami juga melayani vaksin dosis 1 dan 2. Termasuk untuk anak-anak usia 6-11 tahun,” kata Serovina, siang tadi.

Ia menjelaskan, pemberian vaksin Covid-19 sangat penting dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona, mengingat mobilitas masyarakat cukup tinggi menjelang libur hari raya keagamaan.

“Vaksin yang disuntikkan jenis Pfizer dan Sinovac,” pungkasnya.

Sementara itu Kasie Dokkes Polres Merauke, dr. Rahmadani mengatakan, animo masyarakat untuk menerima vaksin cukup tinggi, di hari pertama ada ratusan orang yang mendaftar.

Ia menambahkan, vaksinasi berguna untuk meningkatkan imun tubuh warga. Pelaksanaan kegiatan itu tetap mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah adanya klaster baru Covid-19 di Merauke.

“Selain vaksinasi, kami juga melakukan pemeriksaan asam urat dan gula darah secara gratis bagi masyarakat,” tandasnya.

 

reporter : Emanuel
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.