Jelang Vaksinasi, Jubir Satgas Covid-19 Beri Peringatan Keras

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adasasmito
Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adasasmito

TIMIKA | Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adasasmito kembali mengimbau warga untuk tetap melakukan protokol kesehatan yang ketat jelang vaksinasi nasional yang akan diadakan, Rabu (13/1/2021).

Alasannya, menjelang vaksinasi, angka terus meningkat mencapai 9000-10.000 kasus per hari.

“Saat ini Sekretariat Presiden berkoordinasi dengan Kementrian Kesehatan sedang melakukan persiapan tata cara melakukan penyuntikan pertama untuk Presiden,” ujar Wiku dalam konpers virtual, Selasa (12/1/2021).

Proses penyuntikan tersebut akan disiarkan secara live streaming, sehingga semua orang dapat melihat siapa saja yang mendapat vaksin pada esok hari.

“Untuk orang yang sudah terpapar Covid-19, untuk sementara tidak divaksin dulu. Prioritas vaksin saat ini, untuk orang yang belum pernah terpapar,” terangnya.

Vaksinasi yang dilakukan di saat pandemi ini, kata Wiku bertujuan untuk membentuk kekebalan kelompok. Kekebalan kelompok tersebut terbentuk dari kekebalan individu yang divaksin.

IKLAN-TENGAH-berita

“Dalam masa pandemi, untuk membentuk kekebalan kelompok, tidak harus memvaksin semua individu, karena tidak semua individu bisa divaksinasi, seperti mereka yang punya masalah kesehatan,” kata Wiku.

Dijelaskan, Indonesia melakukan vaksinasi dengan memprioritaskan kelompok masyarakat tertentu, yakni yang memiliki resiko sangat tinggi tertular Covid-19. Terkait angka efficacy vaksin yang sebesar 65,3 persen, kata Wiku adalah hasil uji klinis. Namun, efektivitas vaksin ini akan diketahui setelah dilakukan pemantauan efek perlindungannya di masyarakat yang divaksinasai dalam kurun waktu tertentu.

“Herd immunity (kekebalan kelompok) ini akan tercapai apabila penularannya turun terus menerus, sampai sangat minimal atau tidak ada sama sekali,” sebutnya.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar