Jeni Usmany: Peranan Guru Tak Bisa Digantikan oleh Teknologi

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Jeni O. Usmany
Jeni O. Usmany

Dirinya juga mengakui bahwa pembelajaran online tidak sepenuhnya berhasil membuat anak paham tentang materi yang diberikan guru. Hanya saja dalam situasi Covid-19 ini, metode itu menjadi salah satu yang bisa dilakukan.

Memang, kata Jeni di Timika ada Google Classroom, namun dirinya tetap menyarankan pemberian tugas secara manual.

“Karena anak itu pasti dia baca, kerja lalu kembalikan, gurunya pasti kontrol, otomatis kalau dia baca, pasti dia ingat satu dua kata. Tapi kalau google mungkin dia absen lalu dia pergi ke tempat lain dan dibiarkan aplikasi itu aktif,” ujarnya.

Sehingga pemberian tugas secara manual menurutnya masih efektif karena disiapkan materinya. Meski ada beberapa sekolah khususnya swasta yang tidak menggunakan pola manual.

“Sebenarnya pola itu harus dikasih pilihan. Karena anak itu dengan cara dia membaca lalu menjawab, dia kan tulis. Jadi kalau saya lebih ke tidak menyarankan online sebenarnya,” katanya.

Ia menyarankan jika pemberian tugas secara manual bisa dilakukan misalnya hasil dari siswa diletakan di tempat yang sudah di tentukan tanpa bersentuhan fisik, mungkin di biarkan selama dua hari, otomatis virus juga sudah mati.

Selain itu juga, kembali Jeni mengingatkan bahwa jika ada orang tua yang merasa pembelajaran tidak efektif baiknya langsung melaporkan ke dinas pendidikan.

“Jangan komplain di koran, WhatsApp, atau bahkan menulis di akun Facebook, karena itu kami tidak tau dan tidak bisa dipakai sebagai acuan untuk kita mengkoreksi orang atau sekolah,” katanya.

Kalau misalnya orang tua komplain langsung ke Dinas Pendidikan, apa yang kurang dari satu sekolah, pihak Dinas Pendidikan bisa menyarankan guru di sekolah tersebut untuk ubah model pembelajarannya.

“Tapi selama ini kan tidak ada yang komplain,” pungkasnya.

 

Reporter: Kristin Rejang
Editor: Batt
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Berita Terkait
Baca Juga