John Rettob: KASN Batalkan Seleksi Sekda Mimika

Plt Bupati Mimika Johannes Rettob saat ditemui wartawan di Pelataran Kantor Pemerintahan Kabupaten Mimika, Senin (3/6/2024). Foto: Fachruddin Aji/seputarpapua.com

TIMIKA, Seputarpapua.com | Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Mimika Johannes Rettob mengklaim jika proses seleksi terbuka Sekretaris Daerah (Sekda) Definitif Kabupaten Mimika telah dibatalkan.

Hal ini disampaikan John saat ditemui wartawan di Pelataran Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Senin (3/6/2024).

John menegaskan seleksi terbuka yang diikuti empat pejabat di lingkup Pemerintahan Kabupaten Mimika itu dibatalkan.

“Itu sudah dibatalkan, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) mengatakan dibatalkan,” tegasnya.

Pun begitu, John tidak menerangkan alasan pembatalan seleksi terbuka tersebut, ia hanya menyebutkan ada kesalahan dalam proses tersebut.

“Kan dari awal tidak betul prosesnya (Selter Sekda Definitif), intinya banyak sekali masalah, tapi yang paling penting memproses dan memulainya itu, persyaratannya A tetapi yang dilaksanakan B, dan prosesnya jalan terus, KASN sudah pending itu,” tuturnya.

Terkait jabatan sekda, John menegaskan akan kembali diisi oleh Penjabat, hingga masa jabatannya berakhir pada 6 September 2024 mendatang.

“Pj terus, tidak ada definitif, tunggulah bupati yang baru,” ungkapnya.

Sementara itu, seperti diberitakan sebelumnya, proses seleksi tersebut tinggal menunggu rekomendasi dari KASN sebelum nantinya diserahkan kepada Kemendagri untuk pelantikan Sekda Definitif terpilih.

Apabila tidak ada pelantikan sekda definitif, maka menurut data yang dihimpun, Mimika tidak memiliki sekda definitif sejak tahun 2022 sejak Michael Gomar yang saat itu menjabat Sekda Definitif diangkat menjadi Penjabat Bupati Mappi.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan