Juara Bertahan Jawa Barat Tumbangkan Tim Futsal Banten 4-2

Pemain futsal putra asal Jawa Barat, M Rizki Xavier (kanan) dan pemain futsal putra asal Banten, Rizki Ramdhan (kiri) berebut bola dalam laga penyisihan Grup B Futsal PON XX PAPUA di GOR Futsal SP-2 Mimika, Jumat (24/09/2021). (Foto : PB PON XX PAPUA / Ady Sesotya).
Pemain futsal putra asal Jawa Barat, M Rizki Xavier (kanan) dan pemain futsal putra asal Banten, Rizki Ramdhan (kiri) berebut bola dalam laga penyisihan Grup B Futsal PON XX PAPUA di GOR Futsal SP-2 Mimika, Jumat (24/09/2021). (Foto : PB PON XX PAPUA / Ady Sesotya)

TIMIKA | Juara bertahan Jawa Barat (Jabar) kembali menunjukkan taringnya setelah menekuk Tim Futsal Banten pada babak penyisihan Grup B Futsal beregu putra PON XX yang dilangsungkan di Venue Futsal, Mimika, Jumat (24/9/2021).

Tim Jawa Barat menundukkan Banten dengan skor telak 4-2.

Hasil ini membuat Tim Jawa Barat optimis menatap laga berikut di babak penyisihan grup.

Tim Jabar yang turun dengan skuad terbaiknya membuat punggawa Banten kewalahan mengimbangi permainan apik mereka.

Terbukti, serangan yang dilancarkan Tim Jabar pun langsung mengubah papan skor.

Tim Jabar unggul 1-0 setelah tendangan keras kaki kiri Firman Adriyansah menggetarkan jala penjaga gawang Tim Banten pada menit ke-9.

Gol cepat membuat Tim Jabar semakin genjar menyerang, sementara tim lawan memilih bermain bertahan.

Alhasil, tim Banten kembali menelan pil pahit. Hanya tujuh menit berselang, Tim Jabar ber kembali membobol gawang Banten lewat serangan balik cepat.

Memanfaatkan kelengaan tim lawan, Armia Zainul Almaraghi berhasil menyarangkan si kulit bundar tepat di pojok kiri atas gawang Banten.

Kalah 2-0 dari Jabar, Tim Banten bermain lebih hati-hati.

Mendapatkan peluang pada menit ketiga sebelum akhir laga babak pertama, momen ini dimanfaatkan baik oleh Sadam Fikri.

Sayangnya, meski lolos dari pengawalan pemain Jabar dan melakukan solo run ke arah gawang, tendangan Sadam dengan mudah digagalkan penjaga gawang Jabar, Ahmad Habibie.

Hingga babak pertama usai, Jabar unggul atas Banten 2-0.

Memasuki babak kedua, Jabar langsung menekan. Pundi-pondi gol bertambah 3-0 kembali datang dari sontekan Armia. Gol ini menjadi yang kedua baginnya dalam laga tersebut.

Meski terus ditekan, Banten beberapa kali mendapat peluang, sayangnya tendangan percobaan yang dilakukan pemain-pemain Banten masih melengceng dari gawang Jabar.

Lagi-lagi Jabar, lewat permainan apik kembali membobol gawang Banten pada menit 11.

Reza Gunawan adalah penyumbang gol keempat 4-0 tim Jabar.

Unggul dari tim lawan sedikit mengendurkan permainan Tim Jabar.

Kesempatan ini dimanfaatkan baik oleh Tim Banten, menyusul dapat memperkecil kekalahan.

Enam menit sebelum laga usai, Sadam berhasil menjebol gawang Tim Jabar lewat tendangan kerasnya yang tak dapat dibendung kiper Tim Jabar.

Berhasil memperkecil ketertinggalan, Tim Banten terus melancarkan serangan.

Lewat kaki Aldi Wanjaya, gawang Jabar kembali kebobolan setelah Aldi memanfaatkan kemelut di depan gawang Jabar usai tendangan pinalti Banten ditepis penjaga gawang Jabar.

Skor 4-2 bagi kemenangan Tim Jabar bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan

Hasil ini mendudukan Jabar dipuncak klasemen Grup B beregu putra Futsal PON XX dengan raihan tiga poin.

Sementara itu, Pelatih Kepala Futsal Jawa Barat, Panca Pauji dalam keterangan pers usai pertandingan mengatakan, timnya memang menargetkan 2 kemenangan di babak penyisihan untuk melenggang ke tangga juara dalam perebutan medali emas di PON XX ini.

“Semua tim jadi lawan berat karena terus terang kami Tim Jabar sudah dipantau melalui akses internet karena sering mengikuti ajang. Untuk yang lain-lain kami belum tau kekuatan. Kami siap fight,” ungkapnya.

Ia mengakui, kunci sukses kemenangan tim adalah saling percaya dan saling support antar tim.

Ditempat yang sama, Pelatih Tim Futsal Provinsi Banten, Afri Afdalah mengatakan anak asuhannya kebobolan 4 gol lebih dulu karena terlambat panas.

“Anak-anak kita terlambat (panas) doing. Untuk daya juang di menit-menit akhir. Next, kita akan perbaiki untuk laga berikut lawan Jawa Timur,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.