Juara Piala Pertiwi, Persitoli Toli FC Angkat Derajat Perempuan Papua

Penyerahan piala Pertiwi di Kota Jayapura, Jumat (1/4/2022). Foto: Vidi/Seputarpapua

JAYAPURA | Gabungan sepakbola wanita (Galanita) Persitoli Toli FC wakil Papua menjadi juara pada kompetisi Piala Pertiwi 2021/2022.

Kemenangan pasukan waleman the blues julukan Toli FC diapresiasi Asosiasi Provinsi PSSI Papua, pasalnya Toli FC merupakan tim kebanggaan masyarakat Papua.

“Kita patut apresiasi tinggi karena Toli FC, mereka bisa menjuarai kompetisi Piala Pertiwi dan ini jadi kebanggaan kita semuanya. Kita berterima kasih kepada manajer, KONI Tolikara dan semua pemain serta pelatih yang sudah bekerja secara kolaborasi dengan menjadi juara,” ujar Anggota Exco PSSI Papua, Fachrudin Pasolo usai menerima piala di Kota Jayapura, Jumat (1/4/2022).

Diharapkan prestasi ini dapat ditingkatkan melalui pengembangan terhadap kualitas dan kemampuan tim.

“Toli FC ini bukan hanya milik Tolikara, tapi menjadi kebanggaan masyarakat Papua. Harapan kita pemain tetap berlatih, apalagi banyak pemain muda yang punya potensi bisa ditingkatkan lagi kualitas dan skill mereka. Sehingga bisa bersaing dan bisa menjadi yang lebih hebat di sepakbola Nasional dan kalau bisa Asia, kita dari Asprov Papua sampaikan terima kasih luar biasa,” ujarnya.

Mama Yulce Enembe yang hadir pun sangat bersyukur atas prestasi membanggakan bagi tanah Papua, terlebih bisa mengangkat derajat perempuan Papua melalui prestasi olahraga.

“Sangat bangga dan senang sekali atas keberhasilan ini karena perjuangan perempuan-perempuan hebat ini. Pada umumnya mereka sudah mengharumkan nama Papua, mereka bisa mengangkat harkat dan martabat Perempuan. Tak banyak yang saya bisa lakukan, tapi doa dari mama-mama Papua dan campur tangan Tuhan mereka bisa mengangkat harkat dan martabat Perempuan. Pelatih juga luar biasa, potensi ini harus dijaga, tingkatkan lagi,” tuturnya.

Ditambahkan manajer Toli FC Usman G. Wanimbo mengaku keberhasilan timnya tidaklah mudah, namun berkat kerja keras, semangat untuk membuktikan bahwa perempuan Papua juga bisa berprestasi didunia sepakbola Indonesia.

“Inilah hasilnya kita membawa pulang piala hasil yang sangat memuaskan bagi masyarakat Papua, terima kasih banyak kepada Apsrov Papua yang telah memberikan dukungan. Sepanjang kiprah di Piala Pertiwi dalam situasi yang sangat nyaman, semua berjalan sesuai dengan rencana dan tidak ada sesuatu yang mengecewakan. Ketangguhan anak-anak kami luar biasa, meski harus menghadapi pemain timnas, ini semua berkat kerja sama kita semua,”

penulis : Vidi
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan