Juara Umum Peparnas XVI, Lukas Enembe: Saya Bangga dengan Atlet Papua

KEMBANG API | Pesta kembang api pada clossing ceremony Peparnas XVI Papua 2021 di Stadion Mandala Kota Jayapura, Sabtu (13/11/2021). (Foto: Sevianto/ Seputarpapua)
KEMBANG API | Pesta kembang api pada clossing ceremony Peparnas XVI Papua 2021 di Stadion Mandala Kota Jayapura, Sabtu (13/11/2021). (Foto: Sevianto/ Seputarpapua)

JAYAPURA | Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan akan menjadikan Papua sebagai Provinsi Olahraga, untuk pelaksanaan event Nasional maupun Internasional.

Hal itu dikatakan Gubernur Lukas Enembe saat menyampaikan sambutannya pada clossing ceremony Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua tahun 20201 di Lapangan Mandala Jayapura, Sabtu (13/11/2021).

Pesta olahraga terbesar bagi atlet disabilitas itu resmi di tutup Presiden Joko Widodo.

Gubernur berujar, selaku tuan rumah sangat bangga atas sportivitas yang sudah ditunjukan oleh seluruh kontingen yang berpartisipasi pada event tersebut.

“Saya juga bangga dengan para atlet Papua sesuai slogan kita torang bisa, barang apa jadi. Bukan cuma slogan, namun kalian tunjukan dengan bukti sebagai juara umum,” katanya.

Orang nomor satu di Papua itu mengingatkan kepada seluruh masyarakat bahwa pemahaman terhadap saudara penyandang disabilitas bukanlah sebuah kelemahan.

“Namun dari meraka kita belajar untuk selalu mensyukuri karunia Tuhan, sehingga posisi kita sama dengan teman-teman difabel karena menunjukan hak-hak kesetaraan harus diperjuangkan,” ujarnya.

Gubernur menjelaskan setelah event PON dan Peparnas, fasilitas olahraga yang dibangun dengan megah dan berstandar Internasional harus dapat dimanfaatkan dengan maksimal dan wajib dipelihara dengan baik.

“Pengalaman kami sebagai tuan rumah PON dan Peparnas yang kita sukseskan bersama merupakan awal pemebelajaran kami sebagai Provinsi yang akan menjadi tujuan event olahraga nasional dan internasional,” pungkasnya.

Papua menjadi menjadi juara umum Peparnas XVI setelah mengumpulkan 127 medali emas, 86 medali perak, dan 93 medali perunggu.

Disusul Jawa Barat dengan 110 medali emas, 92 medali perak, dan 75 medali perunggu.

Sementara diposisi ketiga Jawa Tengah dengan perolehan medali emas 89, medali perak 60, dan medali perunggu 76.

Tanggapi Berita ini
reporter : Adi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.