Kabupaten Mimika Minim Lapangan Sepakbola, Lapangan Berpasir Jadi Tempat Pelatihan

Kondisi lapangan Timika Indah yang sering digunakan sebagai latihan sepakbola SSB di Mimika. (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)
Kondisi lapangan Timika Indah yang sering digunakan sebagai latihan sepakbola SSB di Mimika. (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA | Lapangan Sepakbola di Mimika merupakan salah satu kebutuhan yang diperlukan oleh Sekolah Sepak Bola (SSB), demi mencetak putra-putri asli Mimika menjadi calon pemain sepakbola handal.

Namun di Mimika, lapangan sepakbola merupakan sesuatu yang spesial. Karena hanya lapangan Timika Indah yang ramai dikunjungi tim SSB untuk berlatih. Padahal lapangan tersebut, juga tak dapat dibilang standar, sebab hanya hamparan pasir tidak berumput.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Mimika Yacob Toisuta beralasan anggaran menjadi halangan untuk pihaknya bisa membangun sebuah lapangan sepakbola untuk umum.

“Setiap Musrenbang Distrik itu mereka (distrik) usul (lapangan sepakbola), kemudian kami juga minta, tetapi semua kembali ke tim anggaran, biar kita usul tetapi kalau mereka tidak ini (setujui),” ujarnya saat ditemui wartawan di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Rabu (29/3/2023).

Yacob mengaku masalah lapangan sepakbola sudah menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bagi Pemerintah Kabupaten Mimika sejak lama.

“Jadi memang itu (lapangan) faktor paling utama di Mimika bukan saja tahun ini, tapi tahun-tahun sebelumnya juga” katanya.

Yacob berkeinginan membangun lapangan sepakbola untuk umum, lapangan tersebut bukan pengadaan baru, namun melakukan renovasi pada lapangan yang sudah ada. Menurut Yacob ada beberapa lapangan yang ada di Mimika seperti di Sp3 dan Sp 4.

“Lapangan itu ada karena dahulu kan memang daerah trans, setiap daerah trans kan ada fasilitas olahraga, kita bisa perbaiki dia sesuai dengan standar untuk latihan,” ujarnya.

Yacob menyebut percuma jika sepakbola Mimika punya banyak peminat namun minim fasilitas.

Ditanya soal penggunaan Stadion Wania Imipi apakah bisa dipakai untuk umum Yacob menegaskan tidak.

“Stadion Wania itu kedepan apapun itu tidak bisa dipakai untuk umum, itu khusus untuk PPLPD (Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah yang sedang disiapkan pihaknya),” tegasnya.

Dalam konfrensi persnya pada 25 Maret 2023 lalu pemilik SSB Mimika Putra Geritz Rumaropen menyebutkan tim kepelatihan tidak dapat memberikan pelatihan dengan maksimal disebabkan tidak adanya lapangan untuk berlatih.

Advertisements

“Materi soal formasi, dan lain-lain kami belum bisa lakukan karena lapangan itu kita hanya andalkan satu lapangan di Timika Indah, yang juga digunakan oleh semua tim (SSB),” ungkapnya.

Geritz menyebutkan untuk bisa berlatih di lapangan Timika Indah, SSB harus saling mendahului.

“Kalau ada tim yang sudah duluan yah terpaksa kami hanya bisa jogging di pinggir lapangan,” tegasnya.

Advertisements

Pelatih SSB Mimika Putra Ibrahim Kalapey menyebut lapangan hanya di Timika Indah dan lapangan tersebut adalah lapangan pasir berbeda dengan yang ada di Mimika Sport Complex (MSC).

Plt Ketua Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Kabupaten Mimika Mikel Yanwarin saat dihubungi melalui pesan singkat menyebutkan perihal lapangan sepakbola merupakan kewenangan dari Pemerintah Kabupaten Mimika dalam hal ini Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora).

“Siap. Soal lapangan itu ranahnya Dinas Pemuda Olahraga, dari kami Askab, akan koordinasikan,” ucapnya singkat.

Advertisements

Sepakbola di Mimika terakhir kali berprestasi saat Persatuan Sepakbola Mimika (Persemi) berhasil lolos menjuarai liga 3 zona Papua pada 2018 lalu, yang saat itu diperkuat pemain tim nasional Indonesia saat ini Yakob Sayuri.

 

penulis : Fachruddin Aji

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan