Kadinkes Mimika Beberkan Alasan Belum Dioperasikan Tiga Puskesmas di Pesisir

Puskesmas Ipaya Distrik Amar. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Puskesmas Ipaya Distrik Amar. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra membeberkan alasaa tiga Puskemas di Pesisir Kabupaten Mimika belum operasikan meski sudah diresmikan tahun 2021.

Tiga Puskesmas yang belum dioperasikan, yakni di Kampung Ipaya. Tapormai dan Mapar di Distrik Amar kata Reynold, karena peralatan dan dan obat-obatan belum dikirim ke Puskemas tersebut.

Terkait peresmian, kata Reynold sebenarnya adalah proses serah terima dari Pemda kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) sebagai instansi teknis untuk dioperasikan.

“Kami tau di dalam itu masih kosong. Perlengkapan, obat obatan dan lainnya sudah ada hanya saja Desember kita diperhadapkan tinggi gelombang laut,” kata Reynold ketika diwawancarai di ruang kerjanya, Rabu (5/1/2022).

Reynold menjelaskan di Mimika dari tahun ke tahun pada akhir bulan hingga awal bulan selalu dihadapkan dengan tinggi gelombang.

“Tapi kami sudah rencana persiapan untuk mobilisasi barang barang kesana.Awal tahun ini sudah pasti dioperasikan,” ujarnya.

Dijelaskan tiga puskesmas tersebut baru bisa ada penyerahan pada tahun 2021 karen pengerjaannya mengalami keterlambatan.

“Karena pembangunan di 2020 terhambat dengan PPKM, pengiriman barang dari luar itu menjadi terhambat. Tapi setelah di addendum selesai di bulan Maret 2021. Namun kita dihadapkan lagi dengan persiapan PON dan Pesparawi kemudian Mebeler juga tertunda,” jelasnya.

Bulan Januari ini, Dinas Kesehatan juga akan meregistrasi ke Kemenkes tiga puskesmas tersebut juga dua puskesmas lama yakni puskesmas Manasari dan Amar.

“Tahun 2021 kita ada pembangunan Puskesmas di Kwamki Narama cuma pekerjaannya juga terlambat itu di addendum targetnya 30 Januari sudah selesai. Kemudian nanti mungkin menjadi puskesmas perawatan,” ujarnya.

Tahun ini juga kata Reynold untuk membantu pelayanan kesehatan di Mimika pihaknya sudah sediakan 3 ambulance perairan, 4 mobil puskesmas keliling, dan 18 motor Puskesmas keliling yang nanti akan dibagikan untuk petugas puskesmas di pesisir dalam membantu pelayanan ke rumah rumah.

Sebelumnya Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob pada bulan Desember lalu, mengatakan puskesmas tersebut belum bisa untuk diresmikan dan terkesan ‘dipaksakan’ sebab menurutnya jika telah diresmikan harusnya sudah bisa dioperasikan.

Tanggapi Berita ini
reporter : Kristin Rejang
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.