Kampung Iwaka Dicanangkan Jadi Kampung Wisata Budaya Mimika

TARIAN | Masyarakat Kampung Iwaka saat membawa tarian penjemputan Wakil Bupati, Sab (12/12). (Foto: Kristin Rejang/SP)
TARIAN | Masyarakat Kampung Iwaka saat membawa tarian penjemputan Wakil Bupati, Sab (12/12). (Foto: Kristin Rejang/SP)

TIMIKA | Kampung Iwaka yang berada di Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika, Papua dicanangkan sebagai kampung budaya.

Hal ini ditandai dengan acara Pencanangan Kampung Wisata Budaya Distrik Iwaka Kabupaten Mimika Tahun 2020 oleh Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, Sabtu (12/12) di Kampung Iwaka.

Tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah mendorong kampung Iwaka untuk jadi kampung wisata dan budaya, memberikan kesempatan kepada masyarakat setempat untuk memberikan tampilan karya – karya berupa tarian, ukiran, dan lainnya.

Selain itu untuk mengetahui peta perkembangan budaya sekaligus menjadi bahan evaluasi bagi Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga.

Juga untuk Mengangkat kearifan lokal, meningkatkan ekonomi masyarakat melalui kerajinan ukir – ukiran dan lainnya.

Dalam acara tersebut, masyarakat memamerkan seni tari dan ukiran serta anyaman, Dinas Pariwisata juga memberikan bantuan berupa peralatan mengukir.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Mimika, Johannes Rettob. Dalam sambutannya mengatakan semua pihak merasa bahagia karena Pemda Mimika melalui Dinas Pariwisata mengkaji dan membuat satu kebijakan dan keputusan untuk memilih Iwaka sebagai kampung wisata budaya.

“Kedepan harus bisa menjadi destinasi wisata di Kabupaten Mimika. Artinya orang akan banyak datang kesini, kalau orang datang, masyarakat harus bisa diterima dengan ramah. Kalau kita sudah terbuka maka kita harus siap untuk terima orang masuk di sini,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.