Kampung Otakwa dan Manasari di Pesisir Mimika Miliki Pusat Grosir

FOTO BERSAMA | Foto bersama perwakilan manajemen PT Freeport Indonesia, Pemerintah Distrik Mimika Timur Jauh, perwakilan dari Keuskupan Timika dalam hal ini pimpinan KMBL. (Foto: Saldi/SP)
FOTO BERSAMA | Foto bersama perwakilan manajemen PT Freeport Indonesia, Pemerintah Distrik Mimika Timur Jauh, perwakilan dari Keuskupan Timika dalam hal ini pimpinan KMBL. (Foto: Saldi/SP)

TIMIKA | PT Freeport Indonesia bekerjasama Koperasi Maria Bintang Laut (KMBL) secara resmi membuka toko sebagai pusat grosir dan kios di Kampung Otakwa dan Manasari, Distrik Mimika Timur Jauh, Mimika, Papua, pada Jumat 13 November 2020.

Hal ini dilakukan melalui program pengembangan ekonomi PT Freeport Indonesia yang bermitra dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika dan Keuskupan Timika, guna memudahkan masyarakat di Distrik Mimika Timur Jauh dalam memenuhi kebutuhan ekonomi dan barang.

Superintendent Community Economic Development, Soni Zonggonao yang mewakili Manajemen PT Freeport Indonesia dalam pertemuan yang diadakan pada salah satu hotel di Jalan Cenderawasih, Kamis (19/11) mengatakan, pekerjaan yang dilakukan merupakan bagian dari program pengembangan ekonomi masyarakat.

Tentu saja hal ini diharapkan bisa terus berlanjut selama operasi pertambangan PT Freeport Indonesia masih berlangsung di Mimika.

“Tentunya harapan kita berkelanjutan. Saya mewakili PT Freeport mengucapkan terima kasih banyak atas dukungan Kepala Distrik Mimika Timur Jauh bapak Yulius Katagame, bapak Benyamin Meo selaku direktur KMBL dari Keuskupan Timika,” kata Soni Zonggonao.

Pembangunan pusat grosir dan kios di dua kampung di wilayah Mimika Timur Jauh ini, sengaja dipilih untuk memudahkan masyarakat di wilayah pesisir dalam memenuhi kebutuhan ekonomi tanpa perlu menempuh perjalanan jauh ke kota Timika. Yangmana harus menghabiskan lagi banyak waktu dan biaya, selain itu juga untuk menghindari masyarakat dari risiko perjalanan.

Pembangunan pusat grosir di kampung sebagai bagian dari komitmen PT Freeport Indonesia dalam rangka mendukung program Pemerintah menjadikan Otakwa atau Ohotya sebagai pusat ekonomi di wilayah bagian timur Mimika.

Bahkan, keberadaan pusat grosir di Otakwa dapat dirasakan manfaatnya, dalam hal ini bisa melayani masyarakat dari Distrik Agimuga, Distrik Jila, dan kampung-kampung lainnya yang berada di sekitar Distrik Mimika Timur Jauh.

Didalamnya menjual barang dan sembako keperluan masyarakat, seperti sarana nelayan yakni jaring, cooler box, motor tempel dan ketinting. Juga ada material bangunan, benda rohani, es batu, alat-alat sekolah, pakaian hingga bahan bakar. 

Pusat grosir dan kios kampung yang baru diresmikan ini diberkati oleh Pastor Stefanus Sabinus dari Paroki Mapurujaya.

Pimpinan Koperasi Maria Bintang Laut, Benyamin Meo menjelaskan, koperasi yang dipimpinnya itu merupakan kepanjangan tangan dari Gereja Katolik Keuskupan Timika.

Kedepannya, masyarakat untuk menjual hasil tangkapan ikan, kata dia, tidak perlu lagi berjauh-jauh menjual ke pedagang di Kota Timika. Sebab kios kampung yang dikelola KMBL pun siap menampung atau membeli hasil tangkapan ikan dari masyarakat.

Advertisements

“Kami di kios siap membeli dengan harga yang sama dengan tempat lain. Masyarakat bisa bawa hasil tangkapan ikan, karaka dan lain-lain, kami siap menampungnya,” kata Benyamin.

Sementara itu Kepada Distrik Mimika Timur Jauh pada kesempatan itu menyampaikan, pusat grosir dan kuis kampung sudah sejalan dengan apa yang direncanakan Pemerintah, yaitu pemerataan ekonomi dan penguatan ekonomi kampung.

Oleh karenanya Pemerintah sangat mendukung didirikannya pusat grosir dan kios kampung di Manasari dan Otakwa.

Advertisements

“Dengan bantuan dari Freeport yang berkolaborasi dengan Gereja Katolik Keuskupan Timika dalam program ini, saya yakin kedepannya akan menjadi lebih baik. Masyarakat saya di kampung ini bisa memenuhi kebutuhan keseharian mereka dengan harga yang sama,” kata Yulius Katagame.

Bahkan, Yulius berharap dengan adanya program yang berkolaborasi antar para pihak ini, diharapkan koordinasi bisa terus terjalin demi pengembangan masyarakat di wilayah yang dipimpinnya itu.

 

Reporter: Saldi
Editor: Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan