Kanwil Kemenkumham Papua Dukung Imigrasi Mimika Naik Kelas

Kakanwil Kemenkumham Papua, Anthonius M. Ayorbaba. (Foto: Saldi/Seputarpapua)
Kakanwil Kemenkumham Papua, Anthonius M. Ayorbaba. (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Papua, Anthonius M. Ayorbaba, menyatakan dukungannya kepada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika untuk naik status menjadi Kelas I.

Hal ini disampaikan Anthonius atas dasar laporan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika sebelumnya, Jesaja Samuel Enock yang berniat untuk menaikkan status ke Kelas I sudah pernah diusulkan.

“Tentu saya selaku Kakanwil akan memberikan dukungan, dan nanti akan dilakukan oleh pak Kepala Kantor Imigrasi yang baru (Agus Purwanto). Usulannya nanti dikirim ke kami Kantor Wilayah, dan nanti bersama-sama dengan Divisi Keimigrasian kita akan melakukan evaluasi untuk bersama-sama dengan bagian perencanaan untuk menyusun lagi kembali,” terang Kakanwil di Timika, Senin (22/2/2021).

Menurut dia, persoalan utama saat ini adalah masalah lahan. Di mana, kantor yang ada saat ini sebagian lahannya akan terkisis untuk kepentingan pelebaran jalan oleh Pemerintah. Dengan begitu, otomatis muncul rencana pembangunan kantor baru yang hingga kini lokasi lahannya belum ada.

Oleh karena itu, Kakanwil berencana bertemu dengan Wakil Bupati Mimika untuk berkoordinasi, yang salah satunya berkoordinasi terkait penyediaan lahan oleh Pemerintah Daerah untuk pembangunan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika.

“Sepanjang Pemerintah Daerah mengalokasikan lahan yang baru dengan lebih representatif, nanti kita akan membahas kelanjutan tentang kantor yang lama,” ujarnya.

IKLAN-TENGAH-berita

Dengan penyediaan lahan untuk pembangunan kantor baru oleh Pemerintah Daerah, itu juga akan menjadi dasar pengusulan ke Kemenkumham Pusat bersamaan dengan usulan menaikkan status Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika menjadi Kelas I.

“Jadi kita memproses itu bersamaan, pembangunan Kantor Imigrasi yang baru, tapi juga bersamaan dengan peningkatan status kelas menjadi Kantor Imigrasi Kelas I di wilayah Mimika,” kata Anthonius.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar