Kapolda dan Pangdam Tinjau Lokasi Penembakan Tiga Karyawan Freeport yang Menewaskan Seorang WNA

TINJAU | Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dan Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab saat meninjau lokasi penembakan di OB I Kuala Kencana. (Foto: Muji/SP)
TINJAU | Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dan Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab saat meninjau lokasi penembakan di OB I Kuala Kencana. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dan Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, Selasa (31/3) meninjau lokasi penembakan yang menewaskan seorang Warga Negara Asing (WNA) asal New Zealand, pada Senin (30/3) kemarin.

Kunjungan dua jenderal di Papua ini, untuk melihat secara pasti lokasi terjadinya penembakan sampai kepada posisi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) melakukan aksinya.

Kedua jenderal ini didampingi VP Security and Risk Management Arief Nasuha, Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, dan Dandim 1710 Mimika, Letkol Inf Pio Nainggolan.

Kapolda dan Pangdam melihat langsung lokasi penembakan, mulai dari OB 1, lokasi WNA dan dua WNI tertembak, tempat parkir samping OB 1, dan tempat parkir samping gereja.

Serta titik-titik atau lokasi, yang diperkirakan KKB melakukan penembakan kea rah OB 1.

Titik tersebut, seperti hutan samping OB 1, gorong-gorong, sampai kepada sisi utara alun-alun Kuala Kencana.

Kapolda mengatakan, kehadirannya dengan Pangdam dan beberapa pejabat untuk melihat langsung olah tempat kejadian perkara (TKP) penembakan yang menewaskan satu WNA.

“Dari peninjauan langsung ini, kami mendapatkan informasi baik kondisi penembakan dan keterangan dari beberapa saksi kunci yang melihat secara langsung,” kata Kapolda.

Penembakan yang dilakukan oleh KKB kali kopi ini akan menjadi evaluasi, sehingga akan didalami berdasarkan hasil olah TKP yang dilakukan oleh tim dari Polres dan satgas.

“Penembakan di Kuala Kencana ini akan menjadi bahan evaluasi bagi kita semua, baik aparat keamanan dan manajemen dalam mengamankan wilayah Kuala Kencana,” tuturnya.

Sebelumnya, pada Senin (30/3) sekitar pukul 14.00 WIT, KKB pimpinan Joni Botak melakukan penembakan terhadap tiga karyawan di area perkantoran PT Freeport Indonesia, di Kuala Kencana.

Ketiga karyawan yang menjadi korban yakni, Graeme Thomas Waall (meninggal dunia), Jibril M.A Bahar tertembak di paha, dan Ucok Simanungkalit terkena serpihan peluru di siku kanan dan punggung.

Untuk Jibril dan Ucok saat ini menjalani perawatan di RS Tembagapura.

 

Reporter: Mujiono
Editor: Aditra

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar