seputarpapua.com

Kapolda: Gakkumdu Tangani Dua Kasus Dugaan Politik Uang Pilkada di Papua

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw tiba di Agats pantau proses pemungutan suara Pilkada Asmat, Rabu (9/12/2020). (Foto: Sevianto Pakiding / SP)
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw tiba di Agats pantau proses pemungutan suara Pilkada Asmat, Rabu (9/12/2020). (Foto: Sevianto Pakiding / SP)

AGATS | Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) tengah menangani dugaan tindak pidana politik uang atau money politic dua kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020 di Papua.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, dugaan tindak pidana politik uang terjadi di Pilkada Kabupaten Supiori dan Kabupaten Mamberamo Raya.

Di Supuori, seorang tim sukses pasangan calon dan seorang pengusaha beserta uang tunai sekitar Rp500 juta, diamankan tim Sentra Gakkumdu saat melakukan razia di perbatasan Biak-Supiori, Selasa (8/12) malam.

“Tadi malam jam 18.00 ditangkap, ada sejumlah uang cash yang dibawa oleh seseorang. Kurang lebih Rp500 jutaan diamankan oleh Bawaslu,” kata Waterpauw usai memantau pemungutan suara di Asmat, Rabu (9/12).

Selain uang tunai Rp500 juta, Tim Gakkumdu juga menemukan sejumlah amplop berisi uang yang diduga kuat akan digunakan untuk politik uang membeli suara atau biasa dikenal “serangan fajar” jelang pencoblosan.

“Penegakan hukum dilakukan oleh Sentra Gakkumdu, barang buktinya ada. Sementara pelaku dalam pendalaman oleh Gakkumdu,” terang Waterpauw.

Sementara itu, salah satu calon bupati di Pilkada Mamberamo Raya juga dilaporkan atas dugaan politik uang senilai Rp1 miliar.

Dana tersebut dilaporkan diserahkan kepada salah seorang Kepala Kampung dan Ketua Tim Paslon di Kampung Kasonaweja, Distrik Mamberamo Tengah, Senin (30/11/2020) lalu.

“Di Mamberamo Raya, ada salah satu pasangan calon diduga menggunakan sarana ini (politik uang). Diduga ada upaya melakukan money politic,” ungkap Kapolda Waterpauw.

Berita Terkait
Baca Juga