Kapolda Papua Sebut Demo Tolak DOB di Yahukimo Ditunggangi KNPB

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri. (Foto: Adi/Seputarpapua)
Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri. (Foto: Adi/Seputarpapua)

JAYAPURA | Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri mengatakan, unju rasa menolak pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, Selasa (15/3) lalu ditukangi kelompok KNPB.

“Sangat jelas sekali ini ada keterlibatan dari adik-adik kita yang menamakan diri mahasiswa dari Jawa, Bali dan Sumatera tetapi di dalamnya sudah ditunggangi oleh kelompok KNPB,” kata Kapolda Papua, Rabu (16/3) malam.

Unjuk rasa menolak DOB ricuh setelah massa membakar rumah kios (Ruko) yang menimbulkan bentrok sehingga aparat keamanan terpaksa membela diri. Atas kejadian itu dua warga meninggal dunia dan dua warga terluka.

Irjen Fakhiri menambahkan, saat ini pejabat utama Polda Papua yang sudah dikirim ke Kabupaten Yahukimo bersama dua pleton Brimob akan membantu mengevaluasi dan mengendalikan situasi labih khusus para para pengungsi dampak dari kebakaran ruko.

“Pejabat yang saya kirim saat ini sudah melakukan evaluasi, apa yang dilakukan rencana penanganan oleh polres Yahukimo setelah adanya rencana unjuk rasa. Ini akan dinilai secara benar apakah sesuai dengan SOP atau tidak,” kata Fakhiri.

Fakhiri meminta supaya koordinsi antara pihak keamanan dan Pemda untuk disingkronkan dalam mengambil langkah cepat melakukan pendekatan dengan warga baik dari korban jiwa maupun luka-luka termasuk tempat pengungsian di beberapa titik.

“Ini segera diambil langkah cepat sehingga tidak berdampak di wilayah lain,” ujarnya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Adi
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.