Kapolda Papua Tanggapi Aksi Demo Mahasiswa Tolak Otsus dan Pemekaran Wilayah

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw saat beri keterangan kepada awak media. (Foto: Saldi/Seputarpapua)
Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw saat beri keterangan kepada awak media. (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw menanggapi aksi mahasiswa yang menolak otonomi khusus dan pemekaran sejumlah wilayah di Papua.

Menurutnya, pihaknya menerima baik segala aspirasi dan memberi ruang berekspresi terhadap mahasiswa yang tergabung dari berbagai kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang memusatkan titik kumpul di Universitas Cendrawasih, Papua.

“Tadi (kemarin,red) kita ikuti bersama aksi sejumlah mahasiswa yang dari berbagai kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa yang memusatkannya di Uncen,”ungkap Kapolda kepada Seputarpapua.com di Hotel Horison Ultima Timika, Papua, Selasa (9/2/21).

Pada prinsipnya, dikatakan Kapolda , pihak kepolisian tidak akan melakukan pembubaran paksa ketika mahasiswa melakukan aktivitas dalam lingkup akademika, artinya di dalam lingkup universitas atau akademiknya.

“Kami tetap akan mendampingi dan memberikan ruang untuk itu. Karena mereka kan masih dalam lingkup, areal, wilayah di mana mereka punya peran dan tugas sebagai mahasiswa,” ujarnya.

Yang penting, kata Kapolda, para mahasiwa tidak melakukan upaya-upaya untuk meninggalkan kampus dan turun di jalan.

“Kita juga pahami bahwa di era sekarang kan diberikan ruang-ruang untuk menyampaikan pendapat di muka umum sesuai dengan norma-norma aturan yang berlaku,” katanya.

“Silakan. Ketika mereka mau menyampaikan aspirasi, silakan saja. Yang penting juga taati ketentuan-ketentuan. Jadi kalau misalnya mau bergerak dari satu titik ke titik yang lain ya mereka harus memberikan pemberitahuan kepada kepolisian,” tambahnya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Berita Terkait
Baca Juga