Kapolda: Penembak Ramli adalah Anggota Adik Pelaku Penyerang Kantor Freeport

Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw. (Foto: Saldi/SP)
Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, pihaknya telah melakukan indentifikasi pelaku penembakan Ramli NR di Kampung Bilogai, Distrik Sugapa, Intan Jaya, pada Senin 8 Februari 2021.

Korban Ramli, kata Kapolda, ditembak oleh seseorang yang diduga merupakan anggota dari kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Undius Kogoya.

Undius Kogoya disebut Kapolda, merupakan adik dari Tandi Kogoya yang beberapa waktu lalu ditindak tegas aparat keamanan di Kabupaten Mimika.

Tandi Kogoya dan kelompoknya terlibat dalam kasus penyerangan kantor PT Freeport Indonesia di Kuala Kencana, yang menyebabkan seorang karyawan dari manajemen Freeport dan merupakan warga negara asing meninggal dunia.

Identifikasi identitas pelaku penembakan yang telah diketahui berdasarkan keterangan dari sejumlah saksi yang mengetahui dan sempat melihat pelaku saat melarikan diri usai melakukan aksinya.

“Dilakukan oleh seseorang yang diduga adalah kelompok daripada Undius Kogoya.
Undius Kogoya itu adalah adiknya saudara Tandi Kogoya yang kita tindak tegas ketika dia mengeksekusi beberapa manajemen dari pihak PT Freeport di lowland pada beberapa waktu yang lalu,” terang Kapolda usai menjenguk korban Ramli di RSUD Mimika, Rabu (10/2/2021).

“Artinya bahwa, identitas pelaku dari kelompok Undius ini sudah kita dapatkan, dan keterangan beberapa saksi itu sudah menyatakan mereka kenal dengan pelaku ini,” sambung Kapolda.

Bahkan, lanjut Kapolda, pelaku juga diketahui sering terlihat dan beraktivitas di sekitar kampung Bilogai atau dekat dengan kios korban.

“Hari-harinya (pelaku) sebenarnya tidak jauh dari rumah korban, tetapi entah apa yang menyebabkan yang bersangkutan melakukan kekerasan bersenjata kepada korban ini,” tutur Kapolda.

Tanggapi Berita ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.