Kapolres AKBP Era: Kalau Tahu Proses Pembuatan Sopi, Peminum Bukan Mabuk Tetapi Muntah

GEREBEK - Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata saat memimpin proses penggerebekan pabrik sopi di sekitar Kali Wania. (Foto: Ist/SP)
GEREBEK | Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata saat memimpin proses penggerebekan pabrik sopi di sekitar Kali Wania. (Foto: Ist/SP)

TIMIKA | Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, mengatakan jika penikmat miras lokal atau sopi mengetahui cara pembuatan minuman terus, maka mereka tidak akan mabuk tapi muntah.

Pernyataan Kapolres ini bukan tanpa alasan, karena katanya, proses pembuatan minuman memabukkan tersebut sangat memprihatinkan.

“Saya katakan, kalau para peminum sopi ini tau cara buatnya, maka mereka tidak akan minum dan mabuk. Tapi pasti akan mual dan muntah,” kata Kapolres saat pemusnahan miras lokal di Pusat Pelayanan Polres Mimika, Senin (22/6).

Kapolres mengatakan, saat ia dan timnya melakukan penggerebekan di pabrik atau tempat pembuatan sopi di pinggiran Kali Wania dan belakang tempat pemakaman umum (TPU) Kampung Kaugapu, Distrik Mimika Timur, bahan yang digunakan sangat menjijikan. Khususnya air yang digunakan oleh pembuat atau peramu.

“Bahan yang digunakan merupakan air kubangan bukan air yang bersih. Dan ini saya lihat dengan mata langsung. Apalagi pembuatannya di belakang TPU,” katanya.

Kata dia, mereka memproduksi miras lokal menggunakan air kotor untuk mempercepat proses fermentasi.

IKLAN-TENGAH-berita

Untuk proses fermentasi membutuhkan bakteri dan itu bisa didapatkan dari air yang kotor.

Selain itu, dengan banyaknya bakteri yang mempercepat proses fermentasi, maka proses pembuatannya pun semakin cepat untuk mendapatkan uang dan keuntungan.

“Kalau pakai air bersih tidak bisa. Kalaupun bisa, maka akan memakan waktu yang cukup lama. Sehingga penjual akan merugi, kalau pakai air bersih beda dengan menggunakan air yang kotor,” ujarnya.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar