Kapolres Mimika: Kontak Tembak di Mile 53, Anggota KKB Kalikopi Tertembak

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata
Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata

TIMIKA | Kapolres Mimika, Papua, AKBP I Gusti Era Adhinata menyebutkan, pada hari Minggu, 28 Februari 2021, telah terjadi kontak tembak antara aparat keamanan dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) disekitar Mile Point (MP) 53, Distrik Tembagapura, yang merupakan wilayah operasional PT Freeport Indonesia (PTFI).

Menurut Kapolres, kontak tembak itu terjadi sekitar kurang lebih pukul 10.30 WIT, disaat aparat keamanan melakukan patroli di area Mile 53.

“Sekitar mile 53 melihat 6 orang KKB di seberang sungai membawa senjata 2 pucuk senjata api dan terjadilah kontak tembak sekitar 30 menit,” kata Kapolres, Senin (1/3/2021).

Kontak tembak berlangsung kurang lebih sekitar 30 menit membuat KKB lari dan bersembunyi ke dalam hutan.

Sampai saat ini, kata Kapolres, aparat keamanan masih berusaha menuju lokasi tempat dimana KKB melakukan penembakan. Diketahui, lokasi tersebut sangat jauh sehingga aparat harus mencari sungai dangkal untuk melakukan penyeberang.

“Perlu diketahui bahwa, setelah beberapa kelompok KKB meninggalkan Tembagapura, masih ada 1 KKB yang ada di Tembagapura, yaitu KKB pimpinan Joni Botak yang keberadaannya ada di hutan-hutan,” katanya.

“Dan untuk mendesak ruang gerak KKB, dilakukanlah patroli lebih masuk ke hutan untuk mempersempit ruang gerak KKB dalam mengganggu keamanan baik masyarakat maupun operasional PTFI,” lanjutnya.

Kapolres juga memastikan wilayah Distrik Tembagapura sampai saat ini masih aman dan terkendali.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Berita Terkait
Baca Juga
Dapatkan Notifikasi ?    Ya Nanti