Kapolres Mimika Motivasi Warga Mulia Kencana Kembangkan Usaha Perkebunan dan Peternakan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
PENYAMPAIAN | Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata dihadapan para petani dan peternak menyampaikan pengalaman dan trik berkebun juga berternak. (Foto: Saldi/Seputarpapua)
PENYAMPAIAN | Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata dihadapan para petani dan peternak menyampaikan pengalaman dan trik berkebun juga berternak. (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Pasca berkunjung ke Kampung Mulia Kencana (SP 7), Distrik Iwaka, Mimika, Papua, beberapa waktu yang lalu, Kapolres Mimika AKBP I Gusti Era Adhinata akhirnya menepati janjinya.

Sabtu (6/3/2021), AKBP Era mengajak puluhan warga Mulia Kencana terutama masyarakat asli Papua bersama Kepala Kampung, Liweti Murib dan Sekretaris Kampung, Ali Subhan untuk mengunjungi lahan pengembangan perkebunan dan peternakan Polres Mimika yang berlokasi di area Irigasi Ujung, Jalan Hasanuddin, Timika. Hadir juga Wakasatgas Binmas Noken Polri, AKBP Sofyan Budiono.

Tidak hanya itu, Kapolres juga mengundang Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Yosefine Sampelino, Kepala Dinas Perikanan Lentjee Siwabessy, dan Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Tanaman Hortikultura Alice Wanma.

Kepada warga Mulia Kencana yang notabene kebanyakan petani dan peternak, Kapolres memberikan motivasi agar mereka lebih bersemangat dalam mengembangkan usaha pertanian, perkebunan dan perikanan.

Kapolres pun pada kesempatan itu menyampaikan trik-trik yang digunakan di lahan pengembangannya, bahkan itu telah dilalui dengan penelitian sehingga memiliki hasil yang sangat baik dan juga menguntungkan. Diantaranya peternakan ayam, tanaman cabe hingga jahe.

Terkait pemeliharaan tanah agar tetap subur, juga disampaikan Kapolres kepada petani dalam pertemuan ini. Bahkan juga penggunaan pupuk buatan dengan memanfaatkan kotoran ayam. Kapolres menyampaikan, kualitas pupuk buatan sendiri bahkan lebih baik dibanding pupuk pabrikan yang menggunakan bahan kimia.

“Hasil dari penelitian kami, kita membuat pupuk. Nanti saya ajari membuat pupuk. Jadi bapak-bapak disana (Mulia Kencana) mungkin ada yang peternak ayam, ambil pupuknya. Jadi bagaimana cara buat pupuk itu bagus, tidak asal dikeringkan langsung dikasih ke tanaman. Nanti saya buktikan hasil tanaman cabe saya di sebelah sana,” kata Kapolres.

Kapolres mengungkapkan, tujuannya mengajak para petani dan peternak untuk belajar bersama adalah semata-mata ingin melihat masyarakat berhasil dalam usaha yang digeluti. Sebab, menurut dia, keberhasilan yang berhasil adalah membuat orang lain berhasil.

“Makanya saya berulang kali bilang, keberhasilan paling berhasil adalah membuat orang lain berhasil,” ungkap Kapolres.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Berita Terkait
Baca Juga