seputarpapua.com

Kapus Timika: Vaksin Covid-19 Bukan Obat, Cara Terbaik Tetap Patuh Protokol Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
dr. Moses Untung
dr. Moses Untung

TIMIKA | Hingga saat ini angka positif Covid-19 di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua masih terus mengalami peningkatan meskipun angka kesembuhan juga meningkat.

Disisi lain, masyarakat banyak yang merasa bahwa Covid-19 sudah tidak ada sehingga mulai mengabaikan protokol kesehatan kesehatan ketika beraktifitas.

Kepala Puskesmas Timika, dr. Moses Untung menjelaskan bahwa saat ini memang Pemerintah telah menyiapkan vaksin Covid-19.

“Jangan sampai kemudian informasi mengenai vaksin itu membuat kita merasa bahwa covid ini sudah mulai akan tuntas,” katanya saat diwawancara di ruang kerjanya, Jumat (18/12).

Dijelaskan, vaksin bukan obat untuk Covid-19 tetapi hanya salah satu cara untuk membuat tubuh bisa memproduksi anti bodi bukan secara alami.

Dimana jika seseorang terkonfirmasi positif Covid-19 ketika sakit kemudian sembuh, maka tubuhnya sudah memiliki kekebalan tubuh. Sedangkan, vaksin diberikan untuk kemudian tubuh memproduksi anti bodi.

“Kemudian apakah kalau kita sudah divaksin saya tidak akan terkena covid? Belum tentu. Itu tergantung fisik kita,” jelasnya.

“Saat sekarang misalnya kita abai terhadap protokol kesehatan, tidak menjaga stamina begitu terpapar pasti akan sakit juga. Walaupun sakitnya tidak akan seberat orang yang belum divaksin,” tambahnya.

Ia menegaskan, bahwa meski vaksin tetap dilakukan namun pencegahan terbaik untuk Covid-19 ialah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Semua orang kata dia harus peduli dan menjaga kesehatan diri dan keluarga masing-masing.

“Masyarakat jangan terlena dengan sudah tersedia vaksin,” katanya.

Ia mencontohkan di kota-kota besar seperti Makassar, Jakarta dan beberapa kota lain terjadi lonjakan besar angka positif Covid-19.

“Salah satunya itu karena sudah ada framing bahwa vaksin sudah ada, vaksin itu bukan obat tapi salah satu metode pencegahan,” tutupnya.

 

Reporter: Anya Fatma
Editor: Batt
Berita Terkait
Baca Juga