Karantina Timika Gagalkan Penyelundupan Belasan Satwa

SATWA | Penyerahan satwa dari Karantina Pertanian kepada BBKSDA Papua. (Foto: Ist/Seputarpapua)
SATWA | Penyerahan satwa dari Karantina Pertanian kepada BBKSDA Papua. (Foto: Ist/Seputarpapua)

TIMIKA | Stasiun Karantina Pertanian Timika wilayah kerja Bandara Mozes Kilangin berhasil gagalkan penyelundupan belasan ekor satwa liar yang dilindungi, Rabu (15/6/2022).

Kepala Stasiun Karantina Pertanian Timika, Tasrif mengungkapkan, belasan ekor satwa yang dilindungi itu rencananya akan dikirim ke Jakarta menggunakan kargo pesawat.

Satwa-satwa yang akan dikirim itu diantaranya 4 ekor sanca hijau, 2 ekor sanca bibir putih, 2 ekor death adder, 1 ekor sanca air, 1 ekor boa tanah dan 1 ekor biawak.

Tasrif mengatakan, pihaknya akan terus berupaya dalam menekan peredaran ilegal Tumbuhan dan Satwa Liar (TSL).

“Upaya kita itu dengan menempatkan petugas di pintu-pintu masuk dan keluar yang berpotensi menjadi peredaran ilegal TSL serta menjalin koordinasi dengan instansi lain yang terkait,” katanya dalam rilis tertulis, Kamis (16/6/2022).

Kasus ini diharapkan bisa menjadi pelajaran untuk semua pihak, khususnya masyarakat yang menyukai satwa bahwa ketika memelihara satwa harus berasal dari sumber yang sah. “Dan dilengkapi dokumen-dokumen sesuai dengan peraturan,” ujarnya.

Satwa-satwa ini kemudian diserahkan kepada SKW II Timika, Balai Besar KSDA Papua yang diterima langsung Kepala SKW II Timika, Bambang Lakuy, untuk selanjutnya di karantina hingga satwa ini kembali dilepas liarkan.

reporter : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.