seputarpapua.com

Kecelakaan Kerja di Area Freeport, Karyawan Jatuh dari Ketinggian 40 Meter Meninggal Dunia

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
KECELAKAAN KERJA | Petugas Polsek Tembagapura bersama investigasi STM PTFI menangani insiden kecelakaan kerja di MP 61, Tembagapura. (Foto: Dok Polsek Tembagapura)
KECELAKAAN KERJA | Petugas Polsek Tembagapura bersama investigasi STM PTFI menangani insiden kecelakaan kerja di MP 61, Tembagapura. (Foto: Dok Polsek Tembagapura)

TIMIKA | Seorang karyawan PT Eksplorasi Nusa Jaya di area kerja PT Freeport Indonesia (PTFI), Distrik Tembagapura, Mimika, Papua, bernama Edi Ruslandi (40), meninggal di tempat setelah terjatuh dari atas tebing dengan ketinggian sekitar 40 meter, Rabu (9/12).

Kapolsek Tembagapura Ipda Eduard Edison saat dikonfirmasi Seputarpapua.com membenarkan kejadian tersebut.

Ia menjelaskan, sekitar pukul 12.30 WIT pihaknya mendapat laporan dari Security Risk Management (SRM) PTFI bahwa telah terjadi kecelakaan kerja di area Mile Point (MP) 61 Concrete, yang mengakibatkan seorang karyawan bernama Edi Rulandi meninggal dunia.

Dari laporan itu, anggota Polsek Tembagapura langsung merespon ke tempat kejadian perkara (TKP) dan bersama investigasi SRM PTFI melakukan olah TKP, sekaligus memintai keterangan dari saksi yang mengetahui kejadian tersebut.

Setelah itu, jenazah korban dibawa oleh tim medis ke Rumah Sakit Freeport di Tembagapura untuk dilakukan visum luar.

Kata Kapolsek, sesuai keterangan saksi Bustanul Arfan, bahwa ia sebagai juru bor bersama rekannya Rahman Bahy saat itu sedang mengerjakan penahan jaring kawat untuk menahan material jika terjadi longsor di area MP 61, berdekatan dengan TKP.

Saksi melihat korban saat itu sedang bekerja di area ketinggian, namun tidak dilengkapi dengan peralatan body harnest, atau alat pelindung diri untuk pekerjaan di area ketinggian.

Korban saat itu terlihat berada di ujung tangga sambil melambaikan tangan, dan memegang kantong berwarna bening. Selanjutnya, korban terjatuh dari tangga ke arah jalan concrete, dengan perkiraan ketinggian tebing ke jalan sekitar 40 meter.

Berita Terkait
Baca Juga