Kejari Mimika Musnahkan Barang Bukti Hasil Tindak Pidana

PEMUSNAHAN | Perwakilan dari PN Kota Timika menghancurkan telepon seluler dalam kegiatan pemusnahan barang bukti di Kantor Kejari Mimika. (Foto: Saldi/SP)
PEMUSNAHAN | Perwakilan dari PN Kota Timika menghancurkan telepon seluler dalam kegiatan pemusnahan barang bukti di Kantor Kejari Mimika. (Foto: Saldi/SP)

TIMIKA | Kejaksaan Negeri (Kejari) Mimika, Papua memusnahkan barang bukti hasil tindak pidana yang seluruh perkaranya telah berkekuatan hukum tetap atau inkract, Jumat (4/12).

Kegiatan pemusnahan barang bukti dilakukan di halaman Kantor Kejari Mimika dihadiri perwakilan dari Pengadilan Negeri (PN) Kota Timika, Polres Mimika, dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Mimika.

Kepala Seksi Barang Bukti Kejari Mimika, Arthur F. Gerald, menyampaikan bahwa barang bukti yang dimusnahkan terkait dengan perkara tindak pidana antara lain narkotika, kepemilikan amunisi dan senjata api, tindak pidana pangan, tindak pidana hak cipta penyiaran, perjudian, penganiayaan hingga kepemilikan senjata/alat tajam.

Di mana, total barang bukti yang dimusnahkan cukup banyak dan berasal dari 44 perkara yang telah selesai disidangkan di PN Kota Timika.

“Perkara ini semua sudah mempunyai kekuatan hukum tetap, semuanya sudah inkract. Berdasarkan putusan pengadilan, (barang bukti) perkara tersebut dirampas untuk dimusnahkan,” kata Arthur.

Kebanyakan barang bukti berasal dari perkara tindak pidana yang terjadi pada tahun 2020, tetapi ada juga perkara tindak pidana dari tahun 2019 hingga 2017, namun jumlahnya hanya beberapa saja.

IKLAN-TENGAH-berita

“Paling banyak perkara tahun 2020, tapi masih sebagian, karena yang sebagian masih dalam proses persidangan jadi barang buktinya belum bisa kita eksekusi,” katanya.

“Untuk pemusnahan ini sudah dua kali, yang pertama 22 Juli, waktu bertepatan dengan hari ulang tahun Kejaksaan, dan terakhir hari ini,” pungkasnya.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar