Kemendikbudristek akan Gabungkan Kampus Jika Mahasiswa Tidak Capai 1000, Ini Tanggapan Dua PTS di Timika

Ilustrasi
Ilustrasi

Meski demikian, menurut Yuni pihaknya akan mematuhi aturan yang dikeluarkan Kemdikbud terlebih bila keputusan tersebut tidak mengganggu aktivitas perkuliahan mahasiswa. Yuni berpendapat, rencana tersebut cukup dijadikan teguran bagi kampus yang tidak mencapai kuantitas tersebut agar kuota mahasiswa dapat mencapai jumlah yang optimal. Namun bila kemampuan kampus terbatas, mau tak mau, menurutnya keputusan tersebut harus diikuti.

Untuk di Timika, terdapat lima PTS yang disebutkan LLDIKTI XIV sebagai kampus m di bawah kendali dan koordinasi Kemendikbudristek. Perguruan tinggi swasta itu yakni, Universitas Timika, Politeknik Amamapare, STKIP Hermon, STIP Terang Bangsa dan STIE Jambatan Bulan.

Sebelumya, rencana menggabungkan kampus-kampus yang tidak memenuhi kuota mahasiswa ini disampaikan Kemendikbud untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi swasta. Pasalnya, menurut Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) kampus yang tidak memiliki mahasiswa sampai seribu, biasanya kesulitan memberikan pelayanan pendidikan yang baik bagi mahasiswa.

“Ini dilakukan karena kebanyakan kasus, kualitas perguruan tinggi swasta bisa dicerminkan dari jumlah mahasiswanya,” ungkap Sekretaris Ditjen Dikti Kemendikbudristek, Paristiyanti Nurwardhani dalam konferensi pers virtual, Kamis, 29 April 2021 lalu.

Dijelaskan dalam Data Kemendikbudristek, dari 3.021 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang tercatat di bawah naungan Kemendikbudristek, terdapat 1.600 PTS yang memiliki jumlah mahasiswa kurang dari 500 orang.

Dirincikan, ada 912 PTS dengan mahasiswa 100 hingga 500 orang dan 476 PTS yang memiliki mahasiswa kurang dari 100 orang. Lebih lanjut, terdapat 336 kampus yang memiliki nol mahasiswa.

“Kalau tidak punya mahasiswa, apakah bisa meningkatkan kualitas? Pasti tidak bisa,” ujar Nurwardhani.

Untuk PTS yang mahasiswanya mencapai 20 ribu orang, saat ini terhitung sebanyak 19 PTS. Sedangkan, PTS yang memiliki mahasiswa sebanyak 15 hingga 20 ribu sebanyak 9 PTS dan PTS yang memiliki mahasiswa sebanyak 10 hingga 15 ribu sebanyak 36 PTS.

Tanggapi Berita ini
reporter : Yonri
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.