Kendarai Mobil Pick Up, Oknum Polisi Tabrak 5 Pejalan Kaki, 1 Tewas

KECELAKAAN | Peristiwa kecelakaan lalu lintas di jalan Koti, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua yang menewaskan seorang pejalan kaki serta melukai empat orang lainnya, Rabu (4/5/2022). (Foto: Humas Polresta Jayapura)
KECELAKAAN | Peristiwa kecelakaan lalu lintas di jalan Koti, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua yang menewaskan seorang pejalan kaki serta melukai empat orang lainnya, Rabu (4/5/2022). (Foto: Humas Polresta Jayapura)

TIMIKA | Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Koti Pelabuhan Jayapura, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua, pada Rabu pagi (4/5/2022), menyebabkan satu orang tewas dan empat lainnya terluka.

Berdasarkan keterangan Polresta Jayapura, kecelakaan tersebut diduga karena kendaraan pick up dengan nomor polisi PA 8067 AI hilang kendali.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polresta Jayapura, Kompol Ida Pollimina Waymramra menjelaskan bahwa dalam insiden tersebut pejalan kaki bernama Alwi (43) yang merupakan petugas kebersihan, meninggal dunia di lokasi kejadian karena mengalami patah tangan kanan dan kepala samping kiri luka robek.

Sedangkan empat pejalan kaki lainnya bermana Neles (19), Kilion (29), Denis (31) dan Titus (26), kata dia, mengalami luka ringan.

“Saat ini para korban telah di evakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah Dok II,” kata Kompol Ida.

Setelah kejadian itu, pengemudi mobil Daihatsu jenis pick up tersebut langsung meninggalkan lokasi. Namun identitas yang bersangkutan telah diketahui dan akan dilakukan penangkapan untuk bertanggungjawab atas insiden kecelakaan lalu lintas yang terjadi.

Bahkan dua orang rekan pelaku (pengemudi) yang saat kejadian sedang bersama-sama didalam mobil, telah diamankan petugas kepolisian.

“Para saksi telah dimintai keterangan, melakukan olah TKP, mengamankan barang bukti beserta dua rekan pelaku yakni IKA alias IN (19) dan YN (16),” katanya.

Selanjutya, dari hasil olah TKP, petugas menemukan 2 botol minuman beralkohol.

“Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengendara saat mengendarai kendaraannya dipengaruhi minuman keras,” ungkap Ida.

Kecelakaan terjadi berawal dari mobil Daihatsu pick up yang dikemudikan pelaku, dan ditumpangi dua rekannya melaju dengan kecepatan tinggi dari arah Kota Jayapura menuju Weref.

Sesampai di TKP,  Jalan Koti Pelabuhan Jayapura, pengemudi hilang kendali hingga kendaraan keluar jalur ke kiri jalan dan menabrak lima orang pejalan kaki yang mengakibatkan satu orang tewas, serta empat lainnya terluka.

Belakangan diketahui bahwa pengemudi Daihatsu pick up ternyata merupakan oknum anggota polisi berinisial EN berpangkat Bripda, dan merupakan anggota Ditreskrimsus Polda Papua.

Kabid Propam Polda Papua, Kombes Pol Fernando Sanches Napitupulu yang dikonfirmasi di Jayapura, membenarkan bahwa pengemudi Daihatsu pick up adalah anggota polisi yang saat ini sedang dilakukan pencarian oleh pihaknya.

“Kita lagi berusaha dengan keluarganya (pelaku), kita berusaha dengan lettin-lettinnya, udah kita usahakan semuanya nih. Makanya keluarganya juga mendatangi Polresta, menyampaikan bahwa keluarga juga tidak tahu keberadaannya. Itu supaya jangan nanti dikira keluarganya sembunyikan dia lagi, jadi kan nggak baik,” terang Kabid propam.

Selain itu pihak Propam juga mendatangi keluarga korban kemudian menyampaikan bahwa Polda Papua telah mengambil langkah bahkan serius menangani kasus ini.

“Kita udah tangani, percaya sama kita, kita serius untuk mengejar anggota kita ini, supaya bisa mempertanggungjawabkan perbuatannya,” kata Kabid Propam.

“Jadi sudah tidak ada lagi kita menutup-nutupi anggota yang nakal,” imbuhnya.

reporter : Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.