Kepala BPKAD Mimika: Belum ada Laporan Terkait Pengguna Dana Covid-19

Marthen Mallisa
Marthen Mallisa

TIMIKA | Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Mimika, Papua, Marthen Mallisa mengatakan, hingga saat ini organisasi perangkat daerah (OPD) yang menggunakan dana khusus untuk pencegahan, penanganan dan pengendalian Covid-19 di wilayah itu belum menyerahkan laporan.

“Sampai saat ini instansi teknis belum ada yang melaporkan penggunaan dana Covid-19. Namun untuk realisasi pencairan anggaran sudah mencapai 80 persen lebih dari total anggaran yang ada sebesar Rp237 miliar. Dimana OPD penerima dana Covid-19 terbesar ada pada Dinas Kesehatan dan RSUD Mimika,” kata Marthen saat ditemui di Kantor DPRD Mimika, Kamis (10/9).

Terkait dengan jangka waktu memasukkan laporan ini, Marthen mengatakan, untuk pelaporan tidak disebutkan jangka waktunya, namun tidak boleh melebihi tahun anggaran. Walaupun demikian, Marthen menyarankan sebaiknya tidak melebihi tahun anggaran selesai.

“Sebaiknya segera dipertanggungjawabkan, apabila kegiatan-kegiatan sudah dilaksanakan, agar tidak jadi beban,” ujarnya.

Lanjutnya, dana Covid-19 ini berasal dari APBD, namun pelaporannya tersendiri. “Jadi laporan keuangan APBD dengan dana Covid-19 ini berbeda,” terangnya.

Sementara disinggung adanya pengawasan yang dilakukan oleh pihak Kejaksaan Negeri Mimika, Marthen menjelaskan, menyangkut hal tersebut, dirinya hanya berdiskusi atau menjelaskan terkait dengan pencairannya.

IKLAN-TENGAH-berita

Namun untuk pelaksanaan atau penggunaan anggaran tersebut, ada di instansi teknis masing-masing. “Ya saya hanya terkait pencairan saja. Kalau pelaksanaannya saya tidak mengetahui,” tuturnya.

 

Reporter : Mujiono
Editor : Batt

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar